Harga Emas Naik Rp 5 Ribu

0
2310
MEMILIH: Salah satu pengunjung toko emas sedang memilih perhiasan emas di Toko Sumbar Indah berada di Komplek Bincen, Km 10 Tanjungpinang. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Harga perhiasan emas kini naik Rp 5 ribu per gram. Mulai dari perhiasan emas 22 karat, 23 karat dan 24 karat. Kenaikan harga terjadi sejak sehari lalu, Senin (1/1) kemarin.

”Kenaikan harga emas ini, pastinya dipengaruhi posisi dolar dan logo emas. Ini sudah pasti. Yang saya taunya seperti itu,” kata Jimi, salah satu karyawan Toko Sumbar Indah kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (2/1).

Sebelum kenaikan harga, Jimi menjual perhiasan emas, jenis 22 karat dengan harga Rp 387 ribu per gram. Sekarang perhiasan emas tersebut sudah mencapai Rp 392 ribu per gram.

Mulai dari model gelang, kalung, cincin hingga anting-anting. Harga lebih tinggi untuk jenis mas 23 karat, Dari sebelumnya Rp 499 ribu kini menjadi Rp 504 ribu per gram. Sedangkan emas 24 karat kini sudah mencapai Rp 556 ribu dari sebelumnya hanya Rp 561 ribu per gram.

Meski harga naik, Jimi menilai tidak mengurangi transaksi jual beli. Bahkan sebulan terakhir cenderung naik sekitar 10-20 persen. Mungkin disebabkan, masyarakat memiliki uang di akhir tahun, seperti yang merayakan Natal menerima Tunjangan Hari Natal (THN).

Bahkan mungkin karena APBD sudah di kucurkan di triwulan ke empat atau akhir tahun kemarin. “Penjualan naik sedikit, meskipun tidak singnifikan bila dibandingkan tiga tahun lalu,” paparnya.

Kenaikan hanya di bandingkan dengan penjualan bulan sebelumnya. Ia menilai, masyarakat masih memilih emas menjadi investasi, selain harganya cenderung naik, juga proses jualnya yang mudah. ”Kalau jual emas gampang, tinggal bawa barang langsung bisa terima uangnya. Berbeda dengan investasi lainnya sepeti bangunan dan tanah, biasanya lebih lama,” tuturnya.

Jadi wajar jika emas masih tetap di beli masyarakat, ia berharap tahun ini perekonomian membaik, sehingga penjualan meningkat dibandingkan tahun lalu. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here