Harga Ikan Mahal dan Langka

0
445
PEDAGANG ikan di Pasar Ikan Dabo tengah menunggu pembeli. F-ISTIMEWA

LINGGA – Kurang membaiknya kondisi cuaca di laut membuat nelayan enggan melaut dan berdampak sulitnya masyarakat Kota Dabo Singkep mulai kesulitan untuk mencari ikan di pasar.

Bukan hanya karena harganya melambung, namun stok ikan yang dijual juga terbatas. Mahalnya harga ikan ini disebabkan cuaca di perairan Lingga yang sedang musim Selatan, dimana pada musim ini angin bertiup kencang hingga membahayakan nelayan jika turun kelaut.

”Ikan Selar yang biasanya bisa dibeli dengan harga Rp40 hingga Rp 45 ribu per kilogram. Saat ini harganya menjadi Rp65 ribu. Ikan tongkol dari Rp35 ribu menjadi Rp 50 ribu. Selain mahal, kondisi ikan juga sudah tidak segar,” kata Juni, salah seorang inu rumah tangga usai berblanja di Pasar Ikan Dabo Singkep, kemarin.

Tidak hanya Juni yang kecewa, namun dengan kondisi ikan saat musim angin Selatan para penjuak lauk pauk di Kita Dabo Singkep juga mengeluhkan sulitnya mendapatkan ikan segar. Saat ini, para penjual lauk, melakukan pencarian ikan segar hingga ke pesisir.

”Biasanya kalau musim seperti ini, saya langsung pesan ke nelayan. Namun saat ini banyak nelayan yang tidak turun ke laut,” sebut Yuni salah seorang pedagang lauk pauk.

Tidak hanya konsumen yang mengeluhkan kondisi sulitnya mendapatkan ikan. Para pedagang ikan juga mengeluhkan hal yang sama. Tingginya harga ikan yang dibeli secara langsung, berpengaruh dengan harga ikan yang mahal. ”Karena harganya mahal, terkadang ikan yang saya jual tidak laku,” kata salah seorang penjual ikan. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here