Harga Ikan Masih Mahal di Pasar

0
838
SEORANG pedagang membersihkan ikan, yang dibeli warga, Selasa (20/2) kemarin. Saat ini, harga ikan laut yang dijual pegadang di Pasar Berstari Bintan Centre (Bincen) Tanjungpinang masih mahal. f-andri/tanjungpinang pos

Pasokan Jenis Ikan Selar dan Mata Besar Kosong

TANJUNGPINANG – HARGA penjualan ikan laut di pasaran Bintan Centre dan pelantar, saat ini masih mahal. Sebab, pasokan ikan sangat minim. Bahkan ada beberapa jenis ikan yang kosong di pasar.

Pasokan ikan di pasaran berkurang, karena nelayan belum bisa melaut akibat cuaca buruk, di penghujung musim angin utara. Kondisi ini membuat pedagang tidak ada menjual ikan jenis selar dan mata besar.

Dika seorang pedagang ikan di Pasar Bestari Bintan Centre (Bincen) Tanjungpinang menyatakan, sudah dua minggu belakangan ini, tidak menjual ikan selar dan ikan mata besar. Pasalnya, tak ada pasokan jenis ikan tersebut . Biasanya, nelayan cukup banyak membawa ikan hasil tangkapan di laut itu, ke pasar tradisional.

”Sekarang ini, kosong ikan selar dan ikan mata besar,” kata Dika kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (20/2) kemarin.

Padahal, pelanggannya paling suka beli dua jenis ikan tersebut, dibandingkan dengan ikan lainnya. Baik pelanggan dari kalangan ibu rumah tangga maupun pemilik usaha rumah makan. Dia jenis ikan menu favorit tersebut kosong.

”Kalau ada selar dan ikan mata besar sekarang ini, harganya pasti mahal. Ikan mata besar bisa-bisa mencapai Rp 35 ribu per kilogram. Kalau selar, bisa mencapai Rp 40 ribuan per kilo,” ujarnya.

Sedangkan harga ikan jenis lainnya masih terbilang mahal, untuk saat ini. Seperti ikan kembung kisaran Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogram, tongkol putih Rp 33 ribu, tongkol merah Rp 15 ribu, selikur Rp 30 ribu, ikan jenis amoi Rp 35 ribu, ikan kuning kisaran Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu, dan ikan bulat merah mencapai Rp 45 ribu per kilogram.

”Cuma harga ikan kakap dan ikan tenggiri yang masih stabil, sekitar Rp 60 ribuan per kilonya,” sebut Dika.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here