Harga Ikan Mulai Melonjak

0
216
JELANG Tahun Baru Imlek harga ikan di Pasar Karimun mulai melonjak naik sejak 2 hari terahir ini. f-alrion/tanjungpinang pos
Dampak dari cuaca yang kurang bersahabat dalam sebulan terakhir, kini perlahan harga ikan laut mulai melonjak naik karena pasokan ikan sedikit.

KARIMUN – ”Sekarang harga ikan mulai naik, beragam jenis ikan. Seperti selikur, gembung, selar, mata besar, tongkol, sarden, anggoli, gerut, senangin, kakap, ikan putih, udang, dan hasil tangkapan laut lainnya mengalami kenaikan dari Rp5 ribu sampai Rp15 ribu per kilogram,” kata Koko, pedagang ikan di Pasar Puan Maimun, Karimun.

Penyebab kenaikan harga ikan, karena musim angin atau angin kencang di laut. Sehingga, kondisi itu mempengaruhi tangkapan nelayan.

Pada musim angin utara ini, nelayan memilih memperbaiki atau merawat kembali kapalnya saat sandar sambil menunggu cuaca membaik.

”Kami baru pulang dari Papua, mencari ikan disana. Karena angin sedang bersahabat, bos menyuruh kami pulang. Kami sudah 1 tahun berangkat dari Karimun ke Papua untuk menangkap ikan. Hasil tangkapan ikan dari sana dibawa ke Pulau Jawa, dan Sumatera ada juga yang dibawa ke Karimun,” kata Atan, salah seorang Abk kapal jaring asal Karimun.

Biasanya, saat mereka melaut ada kapal tampung asal Karimun yang datang menjemput ikan.

”Tetapi karena cuaca sedang tidak baik, dan kemudian sudah memasuki atau persiapan menyambut tahun baru Imlek. Maka bos menyuruh pulang,” tambah dia.

Ia memperkirakan, harga ikan kembali normal setelah seluruh kapal kembali melaut. Untuk saat, ikan yang dijual adalah hasil tangkapan dua pekan lalu.

Sedangkan nelayan lokal, belum mampu memenuhi permintaan Pasar Ikan Karimun karena keterbatasan sarana penangkap ikan.

”Kami melaut, tidak jauh dalam ukuran 3 jam sudah sampai. Kecil kemungkinan dapat hasil tangkapan ikan sampai ratusan kilo, dapat puluhan kilogram sudah cukup,” kata Amat nelayan asal Meral, Karimun.

Saat ini, mereka mencari ikan sudah semakin jauh tidak seperti beberapa tahun lalu.

Faktor penimbunan untuk lahan industri salah satu penyebab mereka harus pergi ke areal tangkap ikan yang baru. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here