Harga Ikan Naik 100 Persen

0
293
Pasar Ikan: Suasana jual beli di pasar ikan di kota lama, kemarin. F-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

Stok Kosong Banyak Pedagang Tak Jualan

TANJUNGPINANG – Sejumlah meja para pedagang di Pasar Ikan di Kota Lama terlihat kosong. Hal ini dikarenakan stok ikan dari nelayan sedikit atau bahkan tidak ada. Ini juga mengakibatkan harga ikan juga naik 100 persen.

Hal ini diungkapkan Khairul, salah satu pedagang ikan di Kota Lama, Kamis (21/12) kepada Tanjungpinang Pos. Ia menyebutkan, harga ikan selar kini mencapai Rp 65 ribu per kilo. Dai harga normalnya sekitar Rp 30- Rp 38 ribu per kilo.

”Sekarang stok menipis secara otomatis harga juga naik, biasanya jam 9 masih ramai yang jualan tapi ini sudah sepi,” katanya Kamis (21/12).

Khairul mengatakan, sedangkan harga ikan Tongkol dari harga Rp 16-18 ribu per kilonya sekarang Rp 27 ribu.

Ikan Selikur kini Rp 35 ribu dari harga normalnya Rp 25 ribu per kilo. Ikan merah Rp 85 ribu dari biasanya Rp 60-65 ribu per kilo dan ikan kakap per kilonya Rp 90 hingga Rp 100 ribu per kilonya.

”Stoknya aja susah, jadi memang naiknya dari para nelayan,” tuturnya.

Sementara Adi pedagang ikan menyebutkan, kenaikan harga ikan dikarenakan memasuki musim angin Utara. Kini pendatan juga menurun karena jumlah stok yang dijual turun.

Ia menjelaskan, biasnya dalam satu hari bisa menghasilkan Rp 4 juta namun sekarang hanya Rp 1 juta perharinya. ”Pasokan tidak ada, biasanya 100 kilo masuk ikan sekarang cuman 25 kilo itu pun susah,” ujarnya. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here