Harga Kacang Panjang dan Mentimun Naik

0
50
SEORANG warga membeli kacang panjang yang mengalami kenaikan Rp 6 ribu per kilogram, di kawasan Bintan Centre, Minggu (11/2) kemarin. F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Harga sayur kacang panjang dan mentimun naik. Kacang panjang saat ini telah mencapai Rp 12 ribu per kilogram. Harga tersebut telah mengalami kenaikan Rp 6 ribu per kilogram dibandingkan waktu normal.

”Baru hari ini (kemarin, red) kacang panjang naik harga,” kata Yudi, seorang pedagang sayur di Pasar Bestari Bintan Centre (Bincen) Batu Sembilan, Tanjungpinang, Minggu (11/2) kemarin.

Yudi mengatakan, kenaikan harga kacang panjang dikarenakan faktor cuaca. Kalau cuaca terus-terusan panas, ditambah lagi dengan angin kencang, pasti bunga berguguran. Sehingga, produksi kacang panjang turun. Saat ketersediaan barang turun, harga naik.

”Macam mana mau jadi kacang panjang, kalau bunganya sudah rontok ditiup angin,” ucap Yudi.

Selain itu, harga mentimun yang dijual Yudi sudah mengalami kenaikan harga mencapai Rp 3 ribu per kilogram. Kenaikan harga mentimun dari Rp 7 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram. Harga ini sudah terjadi sejak, Kamis lalu. ”Sama, faktornya karena cuaca,” tegas dia.

Sedangkan komoditi sayur lainnya mengalami penurunan harga kisaran Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu per kilogram. Sayur yang mengalami penurunan harga itu seperti gambas, peria, dan sawi pahit.

Sebelum harga turun, gambas dan peria sempat dijual pedagang mencapai Rp 12 ribu per kilogram. Sedangkan sawi pahit dari Rp 14 ribu menjadi Rp 12 ribu per kilogram. Sayur bayam, kangkung dan sawi hijau mengalami penurunan Rp 3 ribu per kilogram. Sebelumnya, bayam dan kangkung mencapai Rp 8 ribu, kini menjadi Rp 5 ribu per kilogram. Untuk sawi hijau saat ini hanya Rp 7 ribu, dari harga awalnya telah mencapai Rp 10 ribu per kilogram.

Untuk komoditi sayur sawi minyak dan sawi manis, dari harga awalnya mencapai Rp 14 ribu menjadi Rp 10 ribu per kilogram. ”Alhamdulillah, para petani kita pada berhasil panen,” ucap syukurnya. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here