Harga Sayur Brokoli Terjun Bebas

0
127
Pedagang sedang melayani pembeli di Pasar Baru Tanjungpinang, kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

Dolar dan Cuaca Pengaruhi Harga

Para pedagang di Pasar Baru Tanjungpinang, mulai menaikan harga sayur-sayuran, sejak satu pekan terakhir ini.

TANJUNGPINANG – Kenaikan disebabkan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) kembali menguat terhadap rupiah. Pada Jumat kemarin sudah menembus Rp14.555 per dolar.

Penyebab lainnya, karena cuaca tidak bersahabat, hasil petani tidak maksimal, stok juga berkurang.

Brokoli salah satu sayuran yang dipasok dari luar negeri, harganya terjun bebas atau melambung tinggi. Harganya mencapai Rp47 ribu per kilo. Sebelumnya, Rp45 ribu per kilo. Naik Rp2 ribu per kilonya.

Padahal, warga memburu Brokoli karena banyak manfaatnya bagi tumbuh kita. Brokoli adalah merupakan sayuran pembangkit tenaga, manfaat untuk pencernaan, sistem kardiovaskular, sistem kekebalan tubuh, anti inflamasi dan pencegahan kanker. Selain itu, sayuran hijau ini merupakan sayuran tanpa lemak yang rendah sodium, kalori dan tinggi akan serat, vitamin C, potasium, B6 dan Vitamin A

Hal ini diungkapkan Junaidi di kawasan Pasar Baru Tanjungpinang, kemarin.

”Harga-harga sayuran ada yang naik, kenaikan harga ini dikarenakan faktor cuaca dan kenaikan dolar juga turut mempengaruhi kenaikan sayur,” kata Junaidi, kemarin.

Menurutnya, kenaikan itu terjadi sejak seminggu lalu. Seperti kacang panjang sekarang Rp8 ribu, kemaren kita jual masih Rp7 ribu perkilonya.

Sayur brokoli sekarang Rp47 ribu perkilonya, kemaren Rp45 ribu. Kentang Rp14 ribu perkilonya harga masih normal dan wortel Rp20 ribu perkilonya. ”Harga di pasaran itu tergantung dari agen, bila dinaikan maka para pedagang juga menjual tinggi,” sebutnya.

Sambung dia, harga kangkung perkilonya Rp5 ribu, bayam Rp6 ribu, Sawi Rp6 ribu, buncis Rp18 ribu ribu, tomat Rp15 ribu. Menurutnya, harga juga dipengaruhi dengan stok yang dipasok dari luar Tanjungpinang mengingat sekarang cuaca juga sedang tidak mendukung.

”Kalau pasokan sudah mulai kosong, kebanyakan itu harga naik secara drastis, tetapi sekarang stok masih tercukupi,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan adanya kenaikan pada harga sayur yang dijual dipasar baru tidak mempengaruhi dengan daya beli masyarakat.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here