Harga Sayur di Pasar Fluktuasi

0
593
PEDAGANG Pasar Baru, kawasan Pelantar menjual sayur kepada pembeli, Minggu (8/7) pagi kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – HARGA sayur-mayur yang dijual pedagang di Pasar Baru kawasan Pelantar, Tanjungpinang saat ini mengalami fluktuasi (turun-naik). Jika sebelumnya ada sayuran yang naik, kini sudah turun.

Seperti pada jenis sayur bayam, sudah mengalami penurunan seribu rupiah. Sedangkan buncis mengalami kenaikan seribu rupiah.

Hal ini diungkapkan Rahmat pedagang sayur di Pasar Baru. Ia menyebutkan, harga sayur ada yang naik dan turun. Tapi, kenaikan maupun turunnya harga ini, tidak begitu tinggi. Seperti pada sayur kacang pancang, sebelumnya masih seharga Rp 13 ribu per kilogram. Sekarang naik seribu rupiah, menjadi Rp 14 ribu per kilogram.

Baca Juga :  Alamak.. Sampah Pasar Berserak dan Bau

”Yang lumayan turun itu, sayur sawi putih. Sekarang perkilonya Rp 10 ribu, turun sekitar 2 ribu rupiah. Sebelumnya Rp 12 ribu per kilogram,” katanya, Minggu (8/7) kemarin.

Lanjutnya, untuk harga setiap harinya itu berbeda-beda. Ada yang naik dan ada yang turun. Tergantung dari persedian barang (sayur). Apabila stok banyak, maka harga akan stabil atau ada yang turun.

”Untuk daya pembeli masyarakat, di hari libur ini, cukup tinggi,” sebutnya.

Sedangkan sayur jenis kangkung dijula berkisar Rp 8 hingga Rp 9 ribu per kilo. Sayur sawi berkisar Rp 9 sampai Rp 12 ribu per kilo. Kemudian, mentimun berkisar Rp 13 ribu sampai dengan Rp 14 ribu perkilo. Sedangkan brokoli masih berkisar Rp 42 per kilo.

Baca Juga :  BPK RI Kunjungi Lantamal IV

”Setiap pedagang, juga harga berbeda-beda menjualnya. Selisih harga sekitar seribu rupiah itu, biasa terjadi di pasar,” jelasnya.

Menurutnya, bawang merah jawa per kilonya seharga Rp 32 ribu perkilo, bawang merah asal India Rp 14 ribu per kilo, bawang putih masih berkisar Rp 28 ribu sampai dengan Rp 30 ribu per kilonya. Untuk cabai merah sekitar Rp 37 ribu sampai dengan Rp 41 ribu per kilogram.

”Cabai rawit asal Jawa berkisar Rp 34 ribu sampai dengan Rp 38 per kilo. Cabai rawit Thailand Rp 54 ribu hingga Rp 60 ribu rupiah perkilonya,” ujarnya. (RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here