Harga Sayuran dan Cabai Melonjak

0
636
Pedagang daging ayam di Pasar Bukit Tembak, Meral, Karimun menimbang pesana pembeli

KARIMUN – Harga beberapa jenis sayuran melonjak naik di beberapa pasar di Karimun.
Seperti di Pasar Meral Bukit Tembak, Kecamatan Meral harga bawang putih naik Rp 53 ribu per kilogram (K) dari harga semula Rp 40 ribu. Menurut pedagang bernama Samsi, kenaikan harga merupakan kebiasaan menjelang bulan Ramadan hingga hari raya Idul Fitri.

Sayur mengalami kenaikan yang bervariasi, mulai dari Rp 2 ribu hingga 4 ribu. Seperti halnya wortel, kenaikannya mencapai 100 persen dari harga sebelumnya yakni dari Rp14 ribu perkilonya kini menjadi Rp 30 ribu

”Cabai rawit dari harga Rp 35 ribu kini menjadi Rp 42 ribu per kilonya dan sayur brokoli Rp 37 ribu menjadi Rp 45 ribu perkilogram,” jelas Samsi, Jumat (26/5).
Pantauan harga kebutuhan lainnya, yakni seperti ayam potong juga mengalami kenaikan.

”Untuk ayam potong yang telah dibersihkan, dan siap olah menjadi Rp 35 ribu, sebelumnya Rp 28 ribu. Sedangkan, untuk ayam potong yang masih utuh dihargai Rp 30 ribu,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Karimun Muhammad Yosli mengatakan, harga bahan pokok masih fluktuatif jika dibandingkan dengan daerah lain. Untuk memantau perkembangan harga pasar, stafnya selalu mengecek dan mengontrol harga pasar setiap hari.

”Untuk itu, setiap harinya saya selalu mengecek staf saya setelah mereka pulang memantau harga di seluruh pasar,” ujar Yosli.

Pihaknya juga terus memantau pedagang, yang berusaha menimbun barang yang tentunya bertujuan untuk menaikkan harga menjelang lebaran idul fitri nanti. Selain ada pengawasan dari pemerintah, tim dari kepolisian juga melakukan pengawasan harga barang di Karimun.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here