Hari Ini, 1.200 Pebalap Dunia Berlomba

0
159
RATUSAN peserta balap sepeda mengambil garis start pada lomba Tour de Bintan, tahun lalu. f-dok/tanjungpinang pos

BINTAN – Sebanyak 1.200 pebalap sepeda kelas dunia akan berlomba di ajang Tour de Bintan 2019, Sabtu (30/3) pagi ini. Dari jumlah peserta tersebut, Russell Bell asal Inggris menjadi peserta tertua yang ikut ambil bagian.

”Untuk peserta tertua adalah Russell Bell dari Inggris, usianya 73 tahun. Russell Bell akan ambil bagian. Sedangkan peserta termuda yakni Ryan Wippell yang berumur 16 tahun, yang akan turun di Kelas Challenge jarak 82 kilometer,” ujar Wan Rudi Iskandar, Kepala Disbudpar Bintan, Jumat (29/3) kemarin.

Wan Rudi menerangkan, 1.200 pebalap sepeda yang turun di Tour de Bintan (TdB) 2019 ini, berasal dari 100 klub sepeda dari 48 negara, termasuk Indonesia.

Dalam lomba TdB 2019 ini kembali menjadi kualifikasi kejuaraan dunia (UCI) untuk kelas Gran Fondo. Hanya ada dua event di Asia dan 21 event di dunia yang merupakan bagian dari Seri Dunia UCI Gran Fondo tersebut.

”Salah satunya, ya Tour de Bintan ini,” jelas Wan Rudi.

Sebelumnya, Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati menyampaikan, selain bisa mengukir prestasi, peserta lomba bisa menikmati keindahan alam dan berwisata ke berbagai destinasi yang ada di Bintan, dan sekitarnya.

”Dengan adanya kejuaraan ini, kawasan Lagoi khususnya Bintan Lagoon Resort akan terangkat. Sport tourism memang selalu membawa multiefek yang besar. Dampak langsungnya hotel menjadi penuh, karena pembalap juga membawa keluarga serta official,” kata Dessy Ruhati.

Baru-baru ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya pada saat jumpa wartawan menegaskan, sport tourism menjadi salah satu konsep yang cukup berhasil menarik wisatawan mancanegara.

Terbukti, dari tahun ke tahun kunjungan wisman ke Bintan terus meningkat. Ini menjadi kabar baik bagi industri pariwisata setempat.

”Sebagai sport event, yang terbesar dicari adalah indirect impact, atau yang lebih sering disebut sebagai media value. Itulah yang tersebar luas di seluruh dunia, dan membuat pamor Indonesia khususnya Bintan makin tenar,” terang Menpar. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here