Hari Ini Isdianto Ditetapkan Cawagub Tetap

0
945
Isdianto

DOMPAK – Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak menuturkan, DPRD Kepri tidak memberikan masa penambahan waktu untuk menunggu siapa calon yang akan diusulkan partai pengusung Sanur pengganti Agus Wibowo (AW).

Sesuai jadwal, Rabu (22/11) DPRD Kepri menggelar penetapan bakal calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri menjadi calon tetap Wagub Kepri.

Saat ini yang baru memenuhi syarat sesuai dua nama yang diajukan Gubernur Nurdin Basirun, nama kepala Dispenda Kepri Isdianto yang dinyatakan lengkah oleh Panitia Pemilihan (Panlih).

”Menurut saya, sebagai ketua DPRD tidak ada lagi. Tetapi teman-teman Panlih dan Pansusnya perlu saya dengar. Jadwalnya tidak ada lagi, tinggal kita tetapkan. Tidak ada lawan, satu kampung kok mereka, satu rumpun,” jelasnya.

Hal itu menurut Jumaga tak menyalahkan Tatib yang sudah diatur dalam Perda sebelumnya. Karena menurutnya, sebelumnya sudah dikirim dua nama, namun karena tidak memenuhi syarat digugurkan satu. Kemudian DPRD meminta untuk dikirim kembali satu nama.

Baca Juga :  Tiga Daerah Segera Jadi KEK

”Haknya dua dikirim, kalau satu tak boleh, dalam hukum ini dibenarkan kok,” tegas Jumaga.

Menurut Jumaga besok (Rabu (21/11) ditetapkan calon tetap yang sudah memenuhi syarat. Dalam surat tersebut di sebutkan tidak hanya dikirimkan nama calonnya, melainkan sudah harus lengkap dengan syaratnya. ”Daerah ini perlu wagub yang perlu membantu gubernur, melaksanakan pemerintahan,” beber Jumaga.

”Bisa saja, setelah ditetapkan, bisa di Banmuskan. Jumat atau Senin. Tapi kalau seandainya sampai Kamis nanti tidak ada, mekanisme sudah bisa kita pimpin Bamus untuk menentukan tanggal pemilihan,” tambahnya demikian.

Isdianto Siap Undur Diri
Kepala Dinas Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (DPPRD) Pemprov Kepri Isdianto menyampaikan dirinya siap mengundurkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan maju di pemilihan Cawagub Kepri.

Pengunduran diri Isdianto sebagai kepala DPPRD merupakan salah satu syarat mutlak untuk maju sebagai calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri. ”Saya siap undur diri, ketika besok (hari ini, red) resmi ditetapkan DPRD sebagai Cawagub tetap,” ujar Isdianto kepada Tanjungpinang Pos di Dompak, Selasa (21/11).

Baca Juga :  Lima ABK Dinyatakan Hilang di Laut

Lebih lanjut Isdianto menekankan, bahwa berkas persyaratan pencalonan Wakil Gubernur Kepri dirinya dinyatakan sudah lengkap oleh Panitia Pemilihan (Panlih) Cawagub di DPRD Kepri.

Bahkan, menurutnya, soal dukungan lima partai pengusung Sani-Nurdin (Sanur) yakni Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai NasDem, PPP dan PKB pun seluruhnya mendukung dirinya sebagai Cawagub.

Sekretaris Daerah provinsi (Sekdaprov) Kepri H TS Arif Fadillah menyampaikan, dirinya belum menerima pengunduran diri Isdianto secara tertulis. ”Mungkin berkasnya sudah sampai di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kepri. Sama saya belum. Mungkin sudah di BKD. Langsung kita proses, sifatnya kita sampaikan ke gubernur dulu,” jelas Sekda Arif.

Sebagai penggantinya, juga dikerjakan secara simultan dengan proses pemberhentian kepala Dispenda tersebut.

Baca Juga :  Taipan Singapura Tetap Lirik Kepri

”Untuk memilih siapa kepala OPD pengganti, tentunya kita akan lihat dulu rekam jejaknya. Nanti gubernur yang akan memberikan keputusan. Tugas kita hanya memberikan alternatif saja,” tegasnya demikian.

Sampai, Selasa (21/11) kemarin, Isdianto merupakan satu-satunya Cawagub Kepri. Sedangkan Agus Wibowo (AW) sudah mengundurkan diri bulan lalu. Rabu (22/11) hari ini, merupakan hari terakhir bagi parpol pengusung Sanur untuk menyerahkan nama pengganti AW ke DPRD Kepri.

Onward Siahaan, salah satu petinggi Partai Gerindra Kepri mengatakan, sampai kemarin belum ada undangan kapan akan diadakan rapat parpol pengusung Sanur. Adapun kandidat lain yang sebelumnya diusung parpol pengusung Sanur adalah Rini Fitrianti putri HM Sani, Mustofa Widjaja dan Fauzi Bahar. (ais/mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here