Hari Ini, Lima Komisioner KPU Kepri Dilantik

0
914
Ridarman Bay (dari kiri), Arison, Nurdin Basirun dan Sriwati di acara verifikasi partai NasDem belum lama ini. f-suhardi/tanjungpinang pos

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan lima nama Komisioner KPU Kepri untuk periode 2018-2023 mendatang.

TANJUNGPINANG – Kelima Komisioner KPU Kepri yakni Arison, Sriwati, Palindungan Sihombing, Priyo Handoko dan Widiyono Agung Sulistiyo. Sesuai surat keputusan KPU RI Nomor 511/PP.06-Pu/05/KPU/V/2018 tentang Penetapan Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi periode 2018-2023, yang ditandatangani oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman.

Rencananya, kelima komisioner KPU Provinsi Kepri di lantik di Jakarta, hari ini Kamis (24/5). Dari lima komisoner KPU, ada dua orang petahana kembali duduk di KPU Provinsi Kepri yakni Arison dan Sriwati.

”Lima orang itu murni seleksi dari KPU RI,” kata mantan Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) calon Anggota KPU Provinsi Kepri, Adji Suradji Muhammad kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Sebelum terpilih lima, Adji Suradji Muhammad mengatakan, Timsel calon Anggota KPU Provinsi Kepri mengirim 10 nama bakal calon (balon) Anggota KPU Provinsi Kepri ke KPU RI. Diantaranya, Arison, Parlindungan Sihombing, Priyo Handoko, Widiyono Agung Sulistiyo, Sriwati, Richard Rando Sidabutar, Arifuddin Jalil, Muhammad Djuhari, Priya Ribut Santosa dan Novelino. 10 nama tersebut, atas hasil fit and proper test yang sudah dilaluinya.

”Tugas kita hanya sampai mengirim 10 nama ke KPU RI saja. Kemudian semuanya ditentukan oleh KPU pusat,” terang Suradji.

Lima orang komisioner KPU Provinsi Kepri yang sudah terpilih, mulai bekerja setelah dilantik. Dan, mereka dilantik bersamaan dengan Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat, KPU Provinsi Jambi, KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KPU Provinsi Bengkulu, KPU Provinsi Banten, KPU Provinsi DKI Jakarta, KPU Provinsi Kalimantan Barat, KPU Provinsi Kalimantan Tengah, KPU Provinsi Kalimantan Selatan, KPU Provinsi Sulawesi Utara, KPU Provinsi Sulawesi Barat, KPU Provinsi Sulawesi Tengah, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara, KPU Provinsi Sulawesi Selatan, dan KPU Provinsi Gorontalo.

”Dan juga masa bakti komisioner KPU Provinsi Kepri saat ini berakhir tanggal 24 Mei 2018,” terangnya.

Mantan Timsel calon Anggota KPU Provinsi Kepri berharap, lima orang komisioner KPU Provinsi Kepri yang telah dipilih, bisa menjalankan tugas secara maksimal. Kemudian, juga diharapkan lima orang komisioner KPU Provinsi Kepri lebih solid lagi saat menjalankan tugas sebagai penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) dilima tahun yang akan datang.

Karena dalam waktu dekat ini, lima komisioner KPU Provinsi Kepri akan mendapat tugas yang cukup berat. Tahun 2019 nanti, pihaknya akan dihadapi dengan dua pemilihan yang digelar secara serentak. Yaitu Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

Tahun 2021 mendatang, KPU Provinsi Kepri akan kembali menggelar pesta demokrasi di Provinsi Kepri, yaitu Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Kepri. Oleh karena itu, lima komisioner KPU Provinsi Kepri perlu bekerja dengan kompak. Sehingga partisipasi pemilih masyarakat bisa lebih meningkat dibandingkan Pilgub Provinsi Kepri sebelumnya.

”Lakukan penjaringan antar sesama kelompok. Ajak kerjasama kelompok tersebut. Supaya partisipasi pemilih masyarakat bisa lebih meningkat,” harap dia.(ANDRI-ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here