Hari Ini, Mv Lintas Kepri Berlayar ke Lingga

0
2209
Feri: Feri Lintas Kepri yang membuka rute baru Lingga-Tanjungpinang.f-istimewa

TANJUNGPINANG – Pemerintah Provinsi Kepri mengakomodir keinginan dan harapan masyarakat Kabupaten Lingga yang menginginkan agar adanya transportasi laut dengan melayani pelayaran rute Tanjungpinang-Lingga.

Kamis (22/6) hari ini, Mv. Lintas Kepri akan mulai membuka rute transportasi laut untuk mengangkut penumpang umum dari Tanjungpinang-Lingga, bahkan rencana akan menjangkau sampai ke Tanjung batu. Komisaris Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Pelabuhan Kepri, Huzrin Hood mengatakan, kapal cepat Mv Lintas Kepri mulai melayani pelayaran Tanjungpinang-Lingga, terhitung Kamis (22/6).

”Keinginan dan harapan masyarakat Lingga begitu tinggi, agar Mv Lintas Kepri melayani rute tersebut karena saat ini tidak ada pelayaran di rute itu. Makanya kita coba mengakomodirnya,” kata Huzrin Hood di Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang, Rabu (21/6). Dijelaskannya, rute sekarang ini juga bertepatan dengan arus mudik lebaran 1438 H/2017. Selain untuk membantu arus mudik nantinya akan diperhitungkan juga saat hari-hari biasa. Huzrin menegaskan rute, Tanjungpinang-Lingga masuk jalur pelayaran cukup potensial. Meskipun demikian, apakah ada penambahan rute akan dievaluasi setelah lebaran nanti.

Baca Juga :  Life Jacket Cuma Pajangan

”Saya sudah melaporkan rencana ini ke Gubernur. Bahkan Gubernur sangat meresponnya dengan baik dan menyetujui. Gubernur juga meminta untuk perjalanan perdana ini tarif tiketnya jangan melebihi dari taraf yang berlaku, paling tidak turun Rp 10 ribu atau Rp 15 ribu,” ujarnya. Tarif yang akan diberlakukan mengacu pada Surat Keputusan (SK) Gubernur, tentang tarif angkutan laut dalam Provinsi namun nantinya pihaknya akan memeberikan keringanan.

”Tarif yang berlaku tetap mengacu pada SK Gubernur. Meskipun demikian untuk kepentingan bisnis, dan pelayanan sedang dikaji untuk diturunkan sedikit,” jelasnya. Ditambahkan Huzrin, dalam operasional kapal ini tidak disubsidi oleh Pemerintah Provinsi Kepri. Meskipun demikian, pihaknya lewat BUP PT. Pelabuhan Kepri tetap berupaya untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga :  Asosiasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Diresmikan

”Semoga dengan dibukanya pelayaran Mv. lintas Kepri ini, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dimana ketersediaan alat transportasi akan terpenuhi sehingga bisa melayani masyarakat Kepri,” ujarnya. Anggota DPRD Kepri, Asep Nurdin yang merupakan asal daerah pemilihan (Dapil) Bintan-Lingga mengatakan keberadaan Mv. lintas Kepri harus memberikan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, karena ini merupakan aset daerah, tentu diwajibkan memberikan kontribusi bagi pemasukan daerah. Menurut Irwansyah, pihaknya terua mendorong kapal cepat tersebut cepat di fungsikan.  ”Sekarang inikan sudah lebih kurang 1,5 tahun rampung dikerjakan. Tetapi belum difungsikan. Setidaknya melayani arus mudik tahun ini adalah bagian dari uji coba pelayaran,” katanya. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here