Hari Ini, SMK di Kepri Gelar UNBK Susulan

0
755
UJIAN: Siswa SMK sedang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer, belum lama ini. f-ADI/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Hari ini, Selasa (18/4) beberapa sekolah tingkat SMK di Kepri akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan.

Hal ini dikarenakan ujian pada hari terakhir, Kamis (6/4) lalu mengalami masalah secara nasional. Sejumlah siswa di beberapa sekolah tidak dapat mengerjakan soal pelajaran kejuruan karena banyak soal yang hilang.

Soal yang hilang didominasi gambar-gambar teori kejuruan. Sekolah di Tanjungpinang juga mengalami hal serupa pada sesi keduanya.

Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Atmadinata menuturkan persoalan ini hanya dialami siswa SMK dengan jurusan tertentu dan waktu tertentu saja. Ini terjadi pada siswa SMA.

Baca Juga :  Pendaftaran Beasiswa Ditutup

Untuk Tanjungpinang yaitu Seperti SMKN 2 dengan jurusan Patiseri, untuk SMKN 3 jurusan Audio Visiual dan SMKN 4 jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Sedangkan Batam yaitu SMK Multi High School Batam, SMKN 4 dan 7 Batam, SMK Muhammadiyah Batam, SMK Real Informatika dan SMK BATAM Internasional School.

”Beberapa soal tak lengkap maka akan dilaksanakan ujian susulan secara serentak nantinya,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (17/4).

Terkait soal susulan, Atmadinata menuturkan, pihak sekolah sedang melakukan singronisasi dengan pusat. Disitulah pihak teknisi atau proktor mendownload soal sesuai dengan waktu ditentukan.

Baca Juga :  UNBK Belum Menyeluruh di Kepri

Siswa yang mengikuti ujian susulan yaitu yang gagal melaksanakan ujian pada Kamis lalu.
Kepala SMKN 2 Tanjungpinang, Delisbeth menuturkan, telah mempersiapkan siswa asal jurusan Pateseri kembali mengikuti UNBK dengan mata pelajaran kejuruan tersebut.

”Ujian susulan ini dilaksanakan bukan kesalahan kami (sekolah-siswa). Melainkan karena soal tak muncul di layar komputer. Komputer ada yang mengeluarkan 5 soal, padahal harusnya 40 soal,” jelasnya.

Kendati demikian, persoalan semacam demikian hanya terjadi pada sesi kedua UNBK sedangkan sesi pertama dan ke tiga berjalan lancar.

Baca Juga :  Siswa Natuna Diminta Dipermudah Belajar di Amerika

Pihaknya juga sudah maleporkan masalah itu ke pusat melalui tim Monetoring dan Evaluasi (Monev) Jakarta dan telah mengisi berita acara.(M SHENDY)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here