Haris Imbau Waspadai Gelombang Tinggi

0
88
Abdul Haris SH

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas mengimbau kepada seluruh masyarakat Anambas, melalui 7 kecamatan yang ada terkait waspada terhadap keadaan cuaca khususnya gelombang laut dan keadaan angin di sekitar perairan Anambas.

”Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tarempa. Adanya fenomena alam, terkait tingginya gelombang yang disertai angin kencang. Imbauan sudah kita sampaikan melalui masing-masing camat,” kata Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, Rabu (2/1)).

Haris mengakui, imbauan tersebut telah diedarkan ke seluruh kecamatan desa agar masyarakat pengguna transportasi laut dan nelayan waspada.

”Pastinya harus tetap waspada. Jikapun memang ada yang turun melaut harus update tentang keadaan cuaca,” ucap dia.

Haris juga mengingatkan, bahwa masyarakat khususnya yang berada di pesisir pantai juga waspada terhadap pasang laut serta hujan yang dapat mengakibatkan banjir ROB.

”Waspada terhadap pasang laut dan hujan yang dapat mengakibatkan banjir ROB, atau genangan air laut di darat bagi penduduk pesisir pantai,” imbaunya lagi.

Dari data BMKG Tarempa, cuaca Anambas pada umumnya diperkirakan berawan hingga hujan lokal intensitas ringan hingga sedang disertai angin dengan kecepatan 5 sampai 40 km/jam yang bertiup dari Barat ke Utara.

”Tinggi gelombang mencapai 1 hingga 5 meter. Ini sebagai peringatan dini kepada masyarakat agar waspada terhadap potensi tinggi gelombang mencapai 5 meter dan angin kencang dengan kecepatan maksimum mencapai 25 knot di wilayah perairan Anambas,” ujar Prakirawan BMKG Tarempa, Samuel. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here