Haris Perintahkan Gali Tugu Proklamasi

0
450
GALI: Alat berat menggali di salah satu sudut kota Jemaja untuk mencari lokasi Tugu Proklamasi yang sudah terkubur dalam tanah. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

Anambas – BUPATI Kepulauan Anambas Abdul Haris telah meminta kepada Camat Jemaja untuk menggali tugu Proklamasi Kemerdekaan RI yang ditandatangani oleh Wakil Presdien RI pertama yakni Muhammad Hatta pada tahun 1952. Tugu tersebut sudah tidak tampak dipermukaan dan diperkirakan terkubur di bawah tanah.

Menurutnya, tugu proklamsi adalah peninggalan benda yang bersejarah dan bisa menjadi tujuan wisata ke depannya. Oleh, sebab ia akan melakukan pemeliharaan benda-benda peninggalan bersejarah dengan baik.

”Saya yang meminta Camat Jemaja agar dapat menggali tugu yang diduga terkubur di dalam tanah dimana tempat didirikannya tugu itu,” ungkap Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris ketika ditemui Tanjungpinang Pos di ruang kerjanya, Selasa (21/2).

Kata Haris, berdasarkan laporan dari Camat ke padanya, bahwa tugu tersebut tidak ada. Ketika mereka menggalinya dan hanya ada puing-puing pecahan dari batu. Ia juga tidak bisa memastikan bahwa tugu itu dimana keberadaannya saat ini. Namun, pihaknya terus berupaya melakukan pemugaran benda-benda sejarah lainnya.

Ia menambahkan, ketika Direktur Bandara berkunjung ke Bandara Letung kemarin, ia sempat membicarakan tentang kedatangan Wakil Presiden RI pertama ke pulau Jemaja dan dibuktikan dengan tugu tersebut.

Oleh sebab itu ia menyarankan kepada camat agar dapat mencari atau menggali tugu yang diperkirakan terkubur. Hal itu bertujuan agar ketika Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bandara Letung nantinya ia akan dapat memperlihatkan tugu itu kepada Presiden Jokowi.

Sementara itu, Camat Jemaja Abdulah Sani, mengatakan, sesuai dengan saran dan permintaan dari bupati untuk menggali tanah dalam mencari tugu, ia bersama masyarakat telah melakukannya dan yang ditemukan hanya puing-puing pecahan batu yang ada ketika itu. Ia juga belum bisa menjelaskan di mana keberadaan tugu tersebut, apakah tugu itu sudah rusak atau seperti apa.

”Kami sudah menggalinya dengan menggunakan alat berat dan puing pecahan batu saja yang kami temukan,” kata Abdullah Sani selaku Camat Jemaja ketika dihubungi wartawan.

Ia menambahkan, kegiatan menggali untuk mencari tugu tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (19/2) pukul 8.00 hingga selesai dan disaksikan oleh masyarakat sekitar.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here