Haris Wajibkan Seluruh ASN Pakai Helm SNI

0
499
Abdul Haris

Anambas – BUPATI Kepulauan Anambas Abdul Haris mengintruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), wajib menggunakan helm ketika mengendarai kendaraan beroda dua. Hal itu berdasarkan pasal 57 ayat 1 dan 2 Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan dijalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan bermotor dan perlengkapan yang dimaksud harus mengenakan helm yang Standar Nasional Indonesia (SNI).

”Seluruh ASN wajib menggunakan helm ketika berkendara bermotor dan itu sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (8/3).

Ia menyampaikan, selain mengenakan helm ketika berkendara, ia juga berharap bahwa semua yang memiliki kendaraan harus melengkapi segala perlengkapan sepeda motor seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan pajaknya mesti dilakukan pembayaran.
Hal ini sudah diatur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

”Bukan helm saja yang harus dikenakan, kelengkapan sepeda motor seperti STNK harus dilengkapi dan itu sudah sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Pihaknya juga tidak menafikan bahwa masih banyak para ASN masih terlihat tidak menggenakan helm ketika mengendarai kendaraan bermotor.

Ia juga berharap kepada aparat keamanan khususnya Kepolisian agar dapat menertibkan bagi pengendara kendaran bermotor yang masih tidak ingin mengikuti peraturan yang telah diatur, hal in i semua dilakukan demi menjaga keselamatan bagi pengendara itu sendiri.

”Saya sudah keluarkan surat intruksi untuk seluruh OPD tentang ASN wajib mengenakan helm ketika berkendara,” ujarnya.

Tambahnya, hal ini bukan hanya berlaku bagi kota Tarempa saja, namun seluruh kecamatan juga perlu mengikuti aturan itu dan pihaknya juga telah menyampaikan surat intruksi tersebut ke seluruh kecamatan yang ada dianambas. Jika masih ada lagi ASN yang membandel perlu dilakukan penindakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

”Instruksi yang saya sampaikan bukan hanya berlaku di ibu kota kabupaten tapi berlaku seluruh kecamatan yang ada dianambas,” tutupnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here