Harus Belajar Manajemen Risiko

0
103
GUBERNUR Kepri DR H Nurdin Basirun foto bersama dengan mahasiswa usai menghadiri Dialog Interaktif Himpunan Mahasiswa Kecamatan Moro bersama Gubernur Kepri di Sri Baiduri Moro, Kabupaten Karimun, Selasa (8/1). F-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Dorong Sarjana dan Pemuda Kepri Berjiwa Wirausaha

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Nurdin Basirun mengajak pemuda Kepri maupun sarjana di Kepri untuk memiliki semangat dan jiwa entrepreneur. Untuk itu, perlu belajar manajemen risiko sebelum memulai usahanya. Entrepreneurship ini akan membawa generasi muda mampu bersaing di era modern ini.

KARIMUN – ”PROSES entrepreneurship dapat menciptakan sesuatu yang berbeda, menghasilkan nilai baru yang tercurah dalam usaha, penggunaan uang, fisik, risiko dan kemudian menghasilkan kesejahteraan dan kejayaan,” ujar Nurdin saat menghadiri Dialog Interaktif Himpunan Mahasiswa Kecamatan Moro bersama Gubernur Kepri di Sri Baiduri Moro, Kabupaten Karimun, Selasa (8/1).

Menurut Nurdin, kewirausahaan merupakan suatu penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan. Aktivitas ini juga dapat menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan usaha dalam memasyarakatkan dan membudayakan kewirausaha tersebut.

”Dengan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan kita dalam menangani usaha dan kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan kerja dan teknologi baru dengan meningkatkan efisiensi dalam memberikan terbaik bagi masyarakat,” ungkap Nurdin.

Untuk itu, Nurdin yakin dengan kemampuan yang dimiliki generasi muda Kepri. Keiwrausahaan juga membuat mereka bisa belajar manajemen risiko. Mereka bisa memproleh kesuksesan.

”Rasa tanggung jawab, atas usaha-usaha yang dilakukan, semangat dan kerja keras akan membawa mereka pada kesuksesan,” tambah Nurdin.

Nurdin menambahkan, waktu kini terus bergerak cepat dengan kemajuankemajuan. Persaingan semakin terbuka. Karena itu, semua harus mempersiapkan diri untuk menyambut kemajuan dan persaingan itu.

”Di zaman now ini kita harus bisa menjawab dengan mempersiapkan diri,” kata Nurdin.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Kecamatan Moro Feby Wahyudi menjelaskan dalam kegiatan ini untuk merobah mind set untuk berkarya ketika sudah bergabung di dunia pasar.

”Mari meningkatan jiwa entrepreneur. Ke depan tidak berpikir lepas sekolah tamat kuliah kerja di pemerintahan, tapi menjadi jiwa generasi muda kewirausahaan,” kata Feby.

Dengan jiwa kewirausahaa ini menjadikan generasi muda yang berinovasi dan maju dan bersaing dengan dunia luar. Semua tantangan dan persaingan itu ada di depan mata. Dan harus dihadapi.

”Dengan tema ‘Membangun Jiwa Entrepreneurship Generasi Muda’, menjadi jembatan kita setelah selesai kuliah nanti,” lanjut Feby.

Dalam dialog interaktif tersebut yang menjadi nasasumber ialah Gubernur Kepri, Kadis Pendidikan Muhammad Dali, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Syamsul Bahrum, Riki Rionaldi dari Bintan dan Subari Basirun dari Karimun.

Peserta dalam dialog tersebut terdapat siswasiswi SMAN 1 Kecamatan Moro, siswa-siswi SMKN 1 Kecamatan Moro, mahasiswa UT, Alumni Mahasiswa Kecamatan Moro dan Pemuda-Pemudi Kecamatan Moro.

Tidak ketinggalan juga Nurdin selalu memberi pertanyaan wawasan kebangsaan dengan pengetahuan yang dimiliki kepada para siswa-siswi dan mahasiswa, dengan bisa menjawab diberikan sagu hati sebagai semangat sebagai generasi muda yang tumbuh berkembang nanti nya di lingkungan masyarakat.

Tampak Kadis Kelautan dan Perikanan Edy Sofyan, Kadis PUPR Abu Bakar, Ibu Camat Moro Ratna, Koramil Moro K Manurung, Kapolsek Moro Heri Adhar beserta tamu undangan lainnya.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here