Harus Kreatif Majukan Kemaritiman

0
707
MEMBERIKAN MOTIVASI: Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama UMRAH, Profesor Dr rer nat H Rayandra Asyhar MSi saat memberikan motivvasi sebelum pelepasan mahasiswa KKN. f-desi liza purba/tanjungpinang pos

420 Mahasiswa UMRAH KKN di Empat Daerah

TANJUNGPINANG – Sebanyak 420 mahasiswa UMRAH akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke empat daerah di Kepri. Diantaranya Tanjungpinang, Bintan, Lingga dan Natuna. Pelepasan dilaksanakan Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama UMRAH, Profesor Dr rer nat H Rayandra Asyhar MSi disaksikan Asisten Pemerintahan Pemko Tanjungpinang H Ahadi dan sejumlah pejabat dari Bintan di Aula UMRAH, Dompak Tanjungpinang, Selasa (1/8).

KKN Kali ini, mengambil tiga tema yaitu kemaritiman, perlindungan perempuan dan anak serta revolusi mental. Yang dilaksanakan selama satu bulan penuh.
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMRAH, Viktor menuturkan, terkait tema di sesuaikan dengan daerahnya. Misalnya untuk kemaritiman di pusatkan kepada mahasiswa yang melaksanakan KKN di Bintan, khususnya Tambelan.

Baca Juga :  PHRI Utamakan Lulusan Kampus Lokal

Sedangkan perlindungan perempuan dan anak di Tanjungpinang dan Bintan, khususnya kawasan Kijang. Begitu juga dengan revolusi mental. Ia mencontohkan, kegiatan yang bisa diterapkan mahasiswa terkait kemaritiman banyak. Seperti meningkatkan SDM agar lebih kreatif dalam melaksanakan tugas.

Seperti di ketahui, di daerah pulau masih sangat sulit di akses, padahal suatu pemerintahan membutuhkan kelengkapan dokumen. Maka melalui kreatif mahasiswa, menemukan metode ata teknologi mempermudah dan mempercepat hal ini. ”Di luar hal lain yang juga bisa dilaksanakan mahasiswa seperti mengoptimalkan SDA serta lainnya,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, usai acara.

Baca Juga :  Pentas Seni Bernuansa Daerah

Ia menambahkan, pihaknya juga mengirim lima mahasiswa untuk melaksanakan KKN tingkat nasional yang dilaksanakan di Gorontalo. Serta lima mahasiswa lainnya ikut dalam KKN PTN wilayah Barat di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Tahun depan, UMRAH sebagai penggagas rencananya akan melaksanakan KKN dari PTN dan PTS yang ada di Kepri.

A Hadi dalam kesempatan itu mengingatkan mahasiswa untuk optimal dalam melaksanakan KKN. Bisa dengan berbagai hal. Midslnya, tenaga, ide atau saran serta lainnya. ”Jadi harus sudah punya gambaran apa yang dilakukan, mungkin tidak bisa semua terealisasi karena berbagai hal tetapi harus maksimal,” ungkapnya. Begitu juga di katakan Rayandra Asyhar yang meminta mahasiswa untuk tetap menjaga nama baik pribadi dan almamater.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here