Harus Tetap Bugar saat Berpuasa

0
114
Rustam (kanan) memberikan pertanyaan tentang kesehatan kepada ketua RT dan RW dalam satu acara. f-abas/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG- Bulan Ramadan telah tiba. Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang mengharapkan agar pelayanan kesehatan untuk masyarakat tetap prima.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Rusam juga minta masyarakat yang menjalankan puasa harus tetap sehat. Sambung dia, supaya tetap sehat selama puasa, Rustam minta kepada masyarakat yakni, pertama, jangan sampai lewatkan makan sahur. Makan sahur sangat penting untuk menjaga stamina saat siang hari.

”Yang tak kalah pentingnya tidak makan berlebihan saat berbuka karena bisa menganggu kesehatan,” kata Rustam, kemarin.

Ia juga berpesan, bagi masyarakat yang menunaikan ibadah puasa, saat berbuka dan sahur agar tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu terlalu asin, manis dan berlemak.

”Cukupi kebutuhan cairan tubuh,” tegasnya. Sambung dia, meskipun suasa puasa, tapi masyarakat juga dianjurkan untuk berolahraga ringan setiap hari, tapi jangan gara-gara berolahraga ringan, justru puasanya batal dengan alasan lapar dan haus.

”Jangan lupa gosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur,” tegasnya. Juga minta bagi masyarakat merasa kurang sehat atau takut kesehatannya terganggu bisa berkonsultasi dengan dokter/petugas kesehatan. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here