Hasil Evaluasi, Kinerja OPD Buruk

0
814

ANAMBAS – KARENA kinerjanya buruk, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas dipanggil DPRD Anambas. Pemanggilan sejumlah OPD tersebut untuk meminta penjelasan lambatnya pelaksanaan program yang telah disepakati. Untuk itu, OPD yang pertama dipanggil yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dinas PU-PERA).

Sejumlah anggota DPRD menilai, kinerja dinas terkait terkesan lambat dan membuat sejumlah proyek baru memasuki tahap lelang hingga bulan ini. Ketua Komisi III DPRD KKA Yusli mengatakan, setelah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) baru diketahui ada persoalan di Dinas PU yang membuat laju pembangunan terhambat.

Baca Juga :  Anggaran Pembangunan Timbulkan Kecemburuan

”Baru hari ini mereka mengkonfirmasi, bahwa di Dinas PU ada persoalan. Baik itu secara spesifikasinya terkait perencanaan, pengawasan dan pelaksanaan,” ungkap Yusli, usai rapat, Selasa (18/7). Ia menyayangkan dinas tersebut minim koordinasi jika memiliki persoalan serius pada program yang akan dijalankan. Akibatnya, terjadi keterlambatan dalam proses pelelangan maupun perkerjaan pada Penunjukan Langsung (PL).

”Sudah tahu ada masalah tetapi tidak berkoordinasi, akhirnya semua tertunda,” sebutnya. Ia menguraikan, jumlah paket yang dilelang Dinas PU sebanyak 43. Jumlah itu, sudah dikurangi 2 paket dan menyisakan 41 paket.

Baca Juga :  Kasus Flu Burung Belum Ditemukan

”Dari 41 paket itu, kini 16 paket sudah dilelang dan sisanya belum,” terangnya. Menurut keterangan kepala Dinas PU, akhir Juli atau minggu ketiga sudah dilelang seluruhnya untuk Paket PL. Ia berharap, berdasarkan keterangan dari Dinas PU tersebut tidak terdapat masalah pada saat lelang nantinya.

Kepala Dinas Perkerjaan Umum Anambas, Effi Sjuhairi mengungkapkan, saat ini 16 paket sudah dikerjakan dan 15 paket dalam proses berajalan. Sedangkan 7 paket hari ini dilelang berikut 3 paket akhir bulan yang akan dilelang. ”Terlambatnya proses lelang, karena kendala konsultan pada kondisi lapangan. Hal itu yang membuat hambatan. Namun, dari sisi anggaran tidak ada persoalan, karena anggaran sudah tersedia,” terang Effi.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here