Hasil Pendataan Kampung Tua Sudah di Pusat

0
231
Gerbang Kampung Tua Teluk Mata Ikan di Nongsa Batam. f-istimewa
Pendataan Kampung Tua yang diminta pemerintah pusat, sebelum ditentukan status lahannya, kini sudah selesai dilakukan. Hasil pendataan itu juga diakui, sudah disampaikan ke pemerintah pusat.

BATAM – Saat ini, Pemko Batam tinggal menunggu panggilan pemerintah pusat. Wali Kota Batam, HM Rudi, Kamis (23/5) di Batam mengatakan, pendataan yang sudah selesai, untuk semua Kampung Tua. Namun soal luas, tidak disampaikan. Data-data Kampung Tua hasil pendataan saat ini sudah berada di pemerintah pusat.

”Tinggal kami ke sana untuk memastikan seperti apa. Kami sedang menunggu panggilan. Mungkin usai lebaran,” ujar Rudi singkat.

Disebutkan, verifikasi diserahkan ke pemerintah pusat, untuk dikeluarkan keputusan terkait status lahan sebagai hak milik warga Kampung Tua. Nantinya 37 titik Kampung Tua akan ada dalam satu keputusan. Sehingga mereka menyelesaikan semua titik dulu, baru diserahkan ke pemerintah pusat.

37 titik Kampung Tua itu, nantinya akan menjadi satu keputusan untuk status. Namun untuk luas lahan Kampung Tua, akan dikeluarkan berbeda. ”Luas lahannya, masing-masing atau per Kampung Tua. ”Jadi persil tanah dulu, baru per KK. Sekarang selesaikan dulu status hukum, baru luas per lahan warga. Jadi pak menteri mau keluarkan dari HPL BP Batam dulu,” imbuh Rudi.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A Djalil sebelumnya mengatakan, selama ini Hak Pengelolaan Lahan (HPL) seluruh wilayah Pulau Batam berada di BP. Nantinya sertifikasi Kampung Tua ini akan jadi hak milik.

Janji Sofyan itu sesuai permintaan warga Kampung Tua di Batam. Mereka meminta agar 37 titik Kampung Tua ditetapkan dengan batas dan luas yang disepakati, menjadi hak milik, seperti disampaikan Ketua Rumpun Khazanah Warisan Batam (RKWB), Machmur Ismail. Pernyataan itu disampaikan setelah Presiden RI, Joko Widodo menjanjikan, menyelesaikan status dan luas Kampung Tua di Batam.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here