Hasil Selesi CPNS Tunggu Kebijakan Pusat

0
185
PESERTA seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 asal Kabupaten Karimun ketika mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sabtu (3/11) di Hotel CK Tanjungpinang. f-istimewa

KARIMUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun menunggu kebijakan Pemerintah Pusat, terkait hasil seleksi masuk Aparatur Sipil Negeri (ASN) yang baru saja dilaksanakan di Tanjungpinang pada Sabtu (3/11) lalu.

”Jumlah pelamar ada 3.466 orang. Setelah diverifikasi menjadi 2.624 orang. Kemudian, saat tes yang hadir sebanyak 2.451 orang. Tidak hadir sebanyak 123 orang. Jumlah aparatur yang diterima, atau alokasi sebanyak 227 orang. Termasuk 5 formasi khusus,” terang Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Pada Sabtu (3/11) kemarin, peserta menjalani seleksi kompetensi dasar (SKD) yang terdiri dari test wawasan kebangsaaan (TWK) Tes Intelegensia Umum (TIU) kemudian Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Peserta harus menjawab 100 materi soal, dengan menempuh waktu 90 menit. Setelah selesai seleksi diketahui, dari 2.451 yang mengikuti seleksi ada 52 orang lulus SKD.

Jika dipersentasikan dari jumlah peserta yang ikut seleksi, yang lulus sekitar 2 persen kemudian jika dipresentasikan dari jumlah kouta yang diterima ada 40 persen yang bakal diterima.

”Mereka yang lulus SKD, akan kembali mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB). Tentang waktu pelaksanaan SKB belum diketahui, kapan dan dimana pelaksanaan. Termasuk apakah ada kebijakan baru, terkait mereka yang tidak lulus SKD. Apakah akan ada sistem rangking diantara peserta belum diketahui,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, untuk formasi Guru yang dibutuhkan sebanyak 113 orang dan yang dinyatakan lulus SKD 12 orang.

Kemudian tenaga kesehatan, dibutuhkan 72 orang yang lulus SKD 22 orang untuk Teknis dibutuhkan 40 orang yang lulus 18 orang.

Sementara itu, Amrizal salah seorang peserta mengaku waktu ujian terlalu singkat dengan jumlah soal 100. Dengan waktu 90 menit, idealnya diberikan waktu 2 jam.

Menurut dia, ia dan rekan rekan tidak lulus tidak karena ketidakmampuan menjawab setiap soal, hanya terbentur waktu yang singkat. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here