Hasil Ujian Langsung Diumumkan

0
1760
CPNS: Peserta CPNS Menkumham Kepri mengumpulkan barang bawaannya saat sebelum mengikuti ujian di Hotel Comfort Tanjungpinang, Senin (11/9). f-suhardi/tanjungpinang pos

CPNS Lulus Jika Nilai di Atas 300 Poin

Meski pengumuman resmi belum dikeluarkan panitia dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), namun peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) KemenkumHAM Kepri sudah mengetahui dirinya bakal lulus atau tidak.

TANJUNGPINANG – SAAT ujian Computer Assisted Test (CAT) formasi sarjana (S1) dan D3 di Hotel Comfort Batu 12 Tanjungpinang, Senin (11/9) kemarin, hasil ujian langsung diumumkan di layar digital pengumuman. ”Layar digital ini langsung terhubung dengan BKN. Peserta sudah bisa melihat apakah mereka lulus untuk ikut tes berikutnya atau tidak,” ujar Rinto Gunawan, Humas KemenkumHAM Provinsi Kepri kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Salah satu peserta ujian CPNS KemenkumHAM Kepri, Wahab asal Kabupaten Bintan mengatakan, selama mengikuti ujian para peserta diminta mengisi soal sebanyak 100 soal dengan batas waktu sekitar 90 menit. ”Ada tiga materi ujian yang harus diisi. Materi itu terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Tes Inteligensi Umum serta Tes Karakteristik Pribadi (TKP),” ujarnya.

Baca Juga :  GOR dan Kolam Renang Belum Dibangun

Lebih lanjut ia menyampaikan, tak sedikit peserta CPNS yang ikut ujian hari pertama lulusan SI ini, gugur lantaran tak memenuhi target poin yang sudah ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat. ”Minimal harus di atas 300 poin baru bisa lulus,” tambahnya.

Salah satu peserta lainnya mengatakan, soal ujian itu tergolong tidak sulit. Tidak ada ujian matematika yang sulit dan Bahasa Inggris. ”Soalnya ada yang menyangkut undang-undang. Kita tak mikir sampai ke sana. Banyak undang-undang, mana bisa hafal semua itu,” jelasnya sambil berlalu.

Baca Juga :  Ratusan Iphone 6s Digilas

Di hari pertama seleksi CPNS di lingkungan KemenkumHAM Kepri, berjalan lancar. Sebelum memasuki ruangan ujian, para peserta dijaga ketat tim dari KemenkumHAM serta beberapa petugas kepolisian dari Polres Tanjungpinang. Para peserta juga diminta untuk menyerahkan barang bawaannya, mulai dari tas ransel sampai dengan pulpen, serta jam tangan kepada panitia untuk disimpan di salah satu ruang khusus yang sudah disiapkan.

Tidak hanya itu, pakaian para peserta juga terlihat sangat diawasi ketat oleh para petugas yang berjaga di pintu masuk. Beberapa peserta yang mengenakan celana jeans dan bukan baju kemeja putih serta sepatu hitam, tak dapat mengikuti ujian.

Pantauan di lapangan, pagi sekitar pukul 07.00 WIB, sudah banyak peserta yang datang ke Hotel Comfort. Karena ujian dilangsungkan pukul 08.00 WIB. Peserta diminta sudah hadir setengah jam sebelum ujian berlangsung.

Baca Juga :  Pegawai Harus Diperiksa Pakai Thermo Gun

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan tes yang sangat penting karena merupakan salah satu poin tes CPNS untuk mengukur serta menilai kemampuan peserta seleksi penerimaan CPNS dalam penguasaan pengetahuan dan memahami serta mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan Indonesia, diantaranya yaitu: UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

TWK adalah bagian dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang dicap paling sulit karena biasanya banyak peserta seleksi penerimaan CPNS gagal mencapai skor yang memenuhi standar (batas lulus/passing grade).(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here