Hasilkan Karya Sekecil Apapun Itu

0
800
MAHASISWA, dosen dan para staf UMRAH saat mengikuti upacara 17 hari bulan di Kampus Senggarang.f-rendi/humas umrah tanjungpinang

Prof Akhlus Motivasi Mahasiswa UMRAH

Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kota Tanjungpinang Prof Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc memotivasi dan mengajak mahasiswanya untuk menghasilkan hasil karya sekecil apapun itu.

TANJUNGPINNAG – KATA Akhlus, sekecil apapun hasil karya mahasiswa, itu jauh lebih baik daripada menjadi pendiam dan penonton di rumah sendiri. Buatlah roadmap target dan capaian kinerja agar karyamu bisa diukur dan digunakan.

”Mulai hari ini angkatlah kepala kita, pandanglah jauh-jauh ke depan karena kita memiliki visi yang besar,” kata Akhlus saat upacara rutin 17 hari bulan di Kampus UMRAH, Senggarang-Tanjungpinang.

Ia mengatakan, mungkin sulit bagi UMRAH bersaing dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) besar seperti National University of Singapore, Tokyo University, Universitas Indonesia dan Perguruan Tinggi Asia Pasifik lainnya.

Baca Juga :  Perjuangan Veteran Kepri Dijadikan Film

”Tapi jadikanlah UMRAH sebagai perguruan tinggi yang indah karena karya-karya bidang kemaritimannya,” pesannya. Kalau hendak mengenal orang yang berilmu, belajar dan bertanya tiadalah jemu. Ungkapan kata-kata ini sangatlah tidak asing di telinga kita semua, akan tetapi seberapa besar nilai-nilai yang terkandung dalam ungkapan itu dapat kita implementasi-kan dalam bekerja di kampus.

”Hari ini coba kita berhitung secara matematika, berapa dari waktu kita per hari yang digunakan untuk bekerja dan berapa yang habis terbuang sia-sia. Kalau seandainya kita cermati sangatlah banyak waktu yang terbuang,” ungkap rektor di hadapan para peserta upacara.

Rektor menyampaikan, jika kita tidak mampu bersinar terang seperti matahari, maka indahkanlah cahayamu seperti bintang.

Syafsir melanjutkan, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan agenda internasional yang berisi 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)

Baca Juga :  Bangun Sumur dan Transfer Ilmu

”Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan agenda internasional yang berisi 17 tujuan dengan 169 capaian yang terukur dan tenggat yang telah ditentukan PBB,” jelasnya.

Pemerintah Indonesia melalui Perpres nomor 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan mengajak pemerintah daerah, ormas, akademisi, filantrofi dan para pelaku usaha secara bersama-sama mendukung pelaksanaan TPB di Indonesia.

Untuk itu, Swiss Germas University (SGU) bekerjasama dengan beberapa mitra institusi, asosiasi professional, industri dan universitas internasional dan lokal menyelenggarakan International Conference on Innovation, Entrepreneurship and Technology (ICONIET).

Ini merupakan sebuah konferensi internasional yang diselenggarakan oleh SGU dengan tema ‘Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Inovasi, Kewirausahaan dan Teknologi’ bertempat di Indonesia Convention & Exhibition (ICE) BSD di Tangerang 2018 yang lalu.

Baca Juga :  Organisasi Mahasiswa Tampung Keluhan Warga

Untuk yang pertama kali Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) UMRAH dipercaya sebagai penanggungjawab sekaligus pelaksana upacara tersebut.

Tak hanya sekedar upacara, FIKP UMRAH selaku pelaksana juga menyediakan hidangan coffee morning untuk para pejabat dan seluruh civitas akademika UMRAH yang hadir dalam upacara tersebut

Tampak hadir juga pada upacara itu Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Dekan-Dekan Fakultas, Para Wakil Dekan, Ka. BUPK, Ka. BAKK, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan UMRAH.(MARTUNAS-ADLY BARA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here