Hati-hatilah Menyebar Informasi di Medsos

0
846
BERSALAMAN: Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro bersalaman dengan tokoh masyarakat yang hadir dalam pertemuan. f-raymon/tanjungpinang pos

Kapolres Temui Tokoh Masyarakat

TANJUNGPINANG – Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro bersama jajarannya mengadakan pertemuan dengan Tokoh Agama (Toga), Tokoh masyarakat (Tomas) serta tokoh pemuda di wilayah Kota Lama.

Kegiatan dilaksanakan, Rabu (25/10) di Pinang City Walk, Jalan Tengku Umar, Tanjungpinang. AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro dalam kesempatan itu, mengingat agar masyarakat mampu menyikapi informasi atau isu dari media sosial (Mendsos).

Jangan cepat terprovokasi, sebelum diketahui kebenarannya. Ini menjadi tantangan bersama, bagaimana menyikapi dan menanggapi suatu informasi yang diterima.

”Kita berhati-hati dalam menyampaikan atau meneruskan informasi yang diterima dari Medsos, cari tahu dulu kebenarannya. Yaitu dicek dari sumber yang terpercaya,” ungkapnya dalam pertemuan.

Baca Juga :  Pusaka Islam Gelar Demo Cara Buat Kaligrafi

Bila belum memiliki sumber terpercaya, hendaknya menahan diri untuk meneruskan ke teman lainnya melalui Medsos. Masyarakat sekarang harus bijak menggunakan kecanggihan teknologi. Jangan sampai terjebak dengan ikut menyebarkan berita yang tidak benar atau melakukan tindakan ujaran kebencian atau hate spech. Kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk menerima pertanyaan atau aduan dari masyarakat.

Seperti yang usulkan ketua RT 01 Johan terkait Pos Lantas di kawasan Kota Lama dapat dipakai menjadi Poskamling. Terkait hal ini, Ardiyanto mengajak masyarakat men-survey tempat tersebut termasuk legalitasnya, bila memungkinkan maka dapat digunakan.

Bahkan ia meminta warga tak segan berkunjung ke kantornya bila ada hal yang ingin disampaikan dalam upaya meningkatkan keamanan bersama. Ia juga mengingatkan untuk menjaga keamanan lingkungan perlunya peran perangkat daerah mulai dari perangkat RT/RW dan seluruh masyarakat.

Baca Juga :  Masih Banyak Drainase Ditutup Permanen Pemilik Ruko

Ia berharap disetiap RW di wilayah Kelurahan Tanjungpinang Kota ada Poskamling yang bertujuan menjaga keamanan di wilayahnya masing- masing. ”Untuk lebih memberi semangat direncanakan juga akan mengadakan lomba Poskamling,” dalam diskusi itu.

Ardiyanto Tedjo Baskoro menuturkan, pihaknya sudah menempatkan anggota kepolisian sebagai Bhabinkamtibmas di wilayah Tanjungpinang Kota untuk membantu menjaga wilayah di RT dan RW.

Begitu juga dengan daerah lainnya di Tanjungpinang. ”Jika ada kendala yang terjadi di wilayahnya bisa di sampaikan kepada anggota Bhabinkamtibmas,” jelasnya.

Menurutnya, jika masyarakat dan Polri telah berkolaborasi dan bersinergi, maka bisa dipastikan setiap wilayah akan aman. Tercipta suasana yang Aman dan kondusif.

Baca Juga :  Ikan Tenggiri Rp 100 Ribu per Kilo

Terkait dengan kelompok radikal, ia minta peran serta dari masyarakat aktif menyampaikan. Agar masyarakat yang terindikasi dapat segera diantisipasi dan disikapi. ”Mohon bantuan untuk disampaikan kepada anggota saya di lapangan atau pun bisa langsng menyampaikan ke saya atau datang ke kantor,” paparnya.

Ia menyampaikan, Polres Tanjungpinang akan terus berupaya melakukan pengawasan dan memantau di lapangan. Tentu perlu bantuan masyarakat. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here