Helmi Dilantik, Tengku Pimpin Fraksi

0
268
Suasana usai pelantikan Helmi Hemilton sebagai Wakil Ketua DPRD Batam, Selasa (20/3) pada rapat paripurna istimewa dewan Batam. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Anggota DPRD Batam, Helmi Hemilton dari Fraksi Partai Demokrat (FPD) akhirnya dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Batam. Sekitar tujuh bulan, Helmi menunggu sebelum dilatik, setelah melewati proses gugatan dari rekan satu fraksinya, Tengku Hamzah yang digantikan Helmi.

Sementara Tengku Hamzah yang sebelumnya menjadi Wakil Ketua dewan ditempatkan sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPRD Batam. Usai pelantikan Helmi, Selasa (20/3) pada sidang istimewa rapat paripurna DPRD Batam, Ketua DPD Partai Demokrat Kepri, Apri Sujadi mengungkapkan posisi baru Tengku. ”Kalau pak Hamzah, nanti akan menduduki jabatan Ketua Fraksi. Itu sesuai dengan intruksi DPP. Kami hanya menjalankan perintah pusat,” jelasnya.

Sementara, Helmi Hemilton yang resmi dilantik kemarin, mengaku bersyukur karena penantiannya akhirnya terkabul. ”Alhamdulillah, setelah melalui proses panjang, akhirnya diambil sumpah sebagai Wakil Ketua III oleh Ketua Pengadilan Negeri,” kata Helmi.

Helmi menambahkan, dia akan melakukan koordinasi dengan rekan-rekannya anggota dewan, wakil ketua lainnya dan Ketua DPRD Batam. Koordinasi dimaksud dalam upaya meningkatkan pelayanan di bidang yang dibawahi Helmi. ”Saya kan koordinator Komisi IV dan Baleg. Jadi saya kami akan lebih banyak turun ke lapangan dan meningkatkan kinerja kita,” jelasnya.

Terkait dengan rencana partainya menjadikan Hamzah sebagai Ketua FPD, Helmi menyerahkan ke partai atau fraksi. “Kalau pak Ketua (Apri) yang bilang, mungkin saja. Tidak masalah, kita saling mendukung,” kata Helmi mengakhiri.

Helmi sendiri resmi menjabat Wakil Ketua III DPRD Kota Batam menggantikan Teuku Hamzah Husen setelah dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Batam, Syahlan. Pelantikan sendiri berlangsung saat rapat Paripurna Istimewa tentang Pengucapan Sumpah Pengganti Pimpinan DPRD Kota Batam Sisa Masa Jabatan 2014-2019.

Pada paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Batam, Nuryanto itu, selain dihadiri para anggota dewan, Wali Kota HM Rudi, Wakil Wali Kota Amsakar Achmad, Ketua Demokrat Kepri Apri Sujadi juga dihadiri Ketua PDIP Kepri Soerya Respationo, Ketua Demokrat Batam Hotma Hutapea dan lainnya.

Ketua DPRD Kota Batam Nuyanto saat paripurna menyampaikan, pergantian tersebut diusulkan oleh DPC Demokrat Kota Batam pada 10 Agustus 2017 dengan melampirkan Surat Keterangan (SK) dari DPP Demokrat yang ditandatangani Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sekretaris Hinca Panjaitan.

Kemudian usulan itu disampaikan ke Wali Kota Batam dan Gubernur Kepri. Berdasarkan SK Gubernur Nomor 1097 Tahun 2017, ditetapkan pergantian Wakil Ketua III DPRD Batam dari Teuku Hamzah Husen ke Helmi Hemilton. ”Keputusan ini dikeluarkan pada 8 November 2017,” kata Nuryanto.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here