HET Elpiji 3 Kg Naik

0
583
Desi Afrianty

Saat ekonomi masyarakat sedang melemah Pemko Tanjungpinang justru berkeinginan menaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) gas elpiji 3 kilogram. Harga Eceran Tertinggi semula Rp15.000 akan naik menjadi Rp18.000 per tabung.

TANJUNGPINANG – Anehnya, dari pihak pertamina tidak ada menaikan harga. Belakangan muncul dugaan adanya dugaan kongkalikong antara Pemko Tanjungpinang selaku pihak distributor.

Hanya saja, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang, Desi Afrianty saat ditanya dugaan pihaknya bermain mata dengan distriutor, ia malah balik bertanya. ”Bermain mata bagaimana pula,” katanya balik pertanya.

Pemko Tanjungpinang menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) tabung gas elpiji 3 kilo sebesar Rp 18 ribu mulai Juli 2018 ini.

Kabid Perdagangan Disperdagin Kota Tanjungpinang, Desi Afrianty ia mengaku belum tahu pasti kapan HET tabung gas elpiji 3 kilo akan ditetapkan oleh Pemko Tanjungpinang. ”Kalau tidak salah, HET itu akan diteken Pak Sekda, Riono,” kata Desi Afrianty.

Desi berkilah harga gas elpiji 3 kilo sudah sewajarnya naik menjadi Rp 18 ribu. ”Naik Rp 3 ribu untuk mengimbangi biaya operasional yang sudah dikeluarkan oleh para agen tabung gas elpiji 3 kilo di Tanjungpinang,” sebutnya.

Ia beralasan jarak tempuh pengantaran hingga penjemputan tabung gas elpiji 3 kilo, yang dilalui para agen tabung gas elpiji 3 kilo cukup jauh, yaitu dari Tanjungpinang menuju Tanjunguban Pergi Pulang (PP).

Di lain pihak, Pemkab Bintan justru tidak menaikan HET gas elpiji karena ini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat. HET gas 3 kg di Kijang sampai saat ini masih Rp15.000. Dan Tanjunguban yang dekat dengan SPBE tarifnya hanya Rp14.000.

”Wajarlah, harga tabung gas 3 kg naik karena sejak harga BBM naik, HET tabung gas elpiji 3 kilo di Kota Tanjungpinang sampai saat ini masih Rp15 ribu,” belanya.

Desi Afrianty malah berharap agar secepatnya HET tabung gas elpiji 3 kilo diterbitkan oleh Pemko Tanjungpinang. Sehingga masyarakat umum bisa tahu kalau HET tabung gas elpiji 3 kilo sudah naik dan masyarakat membeli gas elpiji Rp 18 ribu. Kini SK HET gas elpiji itu tinggal tandatangan Sekda Kota Tanjungpinang.

Hingga berita ini terbit, Sekda Kota Tanjungpinang, Riono dan Kepala Bidang (Kabid) Perekonomian Sekdako Tanjungpinang, Muhammad Amin belum memberikan keterangan saat dikonfirmasi oleh awak media ini melalui handphone selulernya. (Andri DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here