Hewan Kurban Batam 10.440 Ekor

0
751

BATAM – Sebanyak 10.440 ekor sapi dan kambing sudah disiapkan untuk kebutuhan hewan kurban di Batam. Sapi dan kambing itu sudah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan layak untuk dijadikan hewan kurban saat Idul Adha yang diperkirakan jatuh pada 1 September mendatang. Dari 10.440 ekor hewan kurban itu, sebanyak 2.090 ekor sapi dan sebanyak 8.350 ekor kambing. Hal itu diungkapkan Kabid Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KPP) Batam, Sri Udeni, Selasa (29/8) di Batam. “Terakhir masuk, kemarin dan totalnya 2.090 ekor sapi dan kambing ada 8.350 ekor,” ungkap Sri.

Baca Juga :  TNI-Polri dan Ormas Lingkungan Hijaukan Duriangkang

Hewan itu ditampung di sejumlah tempat. Namun tempat resmi untuk penampungan, di Sei Temiang. Sementara tempat lainnya disampaikan sebagai penampungan sementara. ”Sudah dicek semua di Sei Temiang dan tempat lain. Lokasi resmi untuk penampungan di Sei Temiang,” sambungnya. Untuk pemesanan menurutnya rata-rata di semua tempat di Batam sudah 90 persen. Bahkan sudah ada yang 100 persen. ”Tapi rata-rata, sekitar 90 persen,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kadis KPP Batam, Mardanis mengatakan, untuk pemeriksaan hewan kurban dilakukan oleh lima dokter hewan. Dokter hewan itu juga nantinya akan turun bersama beberapa pegawai, selama masa kurban. ”Kita utamakan turun ke tempat yang banyak hewan kurbannya,” kata Mardanis.

Baca Juga :  Deputi Diminta Dukung Kegiatan PIKORI BP Batam

Beberapa lokasi yang akan dimonitor nanti, Masjid Raya Batamcnter, Mapolda Kepri di Nongsa, dan Masjid Baitul Syakur Jodoh. Mereka akan memastikan hewan kurban sehat dan aman dikonsumsi. Pemeriksaan terakhir akan dilakukan sebelum dipotong. ”Diambil sample organ seperti hati, paru-paru dan usus. Itu untuk memastikan hewan tidak mengandung penyakit yang membahayakan,” imbuhnya.

Sementara untuk pengecekan kesehatan hewan kurban setelah tiba di Batam, yang sudah dilakukan sebelumnya ada di Sei Temiang Sekupang, Batuaji, Sei Beduk, Batam Kota, Batuampar, Bengkong, hingga Nongsa. Adapun hewan yang aman konsumsi telah diberi label sehat.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here