Hibah Harus Sesuai Mekanisme dan Aturan Berlaku

0
176
PARA peserta sosilisasi hibah dan bansos berbasis online sedang mendengarkan arahan dari Bupati Lingga H Alias Wello. f-istimewa

LINGGA – Bupati Kabupaten Lingga H Alias Wello menilai, pentingnya tertib administrasi dalam pengelolaan Dana Hibah dan Bantuan Sosial (Bansos).

Pemberian hibah dan Bansos yang tidak tertib administrasi, maka ke depannya akan beresiko berhadapan dengan hukum baik pemberi maupun penerima hibah.

”Program hibah dan Bansos mengandung resiko yang besar. Banyak pejabat maupun penerima hibah, yang telah terserat dengan hukum karena program ìni,” kata Awe, sapaan akrabnya saat sosialisasi Pemberian Hibah dan Bansos berbasis Online di Hotel One, Dabo Singkep, Kamis (2/5).

Awe menambahkan, berdasarkan hal ini patut dipahami tidak semua pengajuan hubah dan Bansos dapat direalisasikan. Mekanisme pemberian hibah, harus sesuai aturan yang berlaku harus diterapkan.

Tujuannya, untuk menghindari konsekuensi hukum yang akan terjadi dimasa depan.

”Agar semua memahami, dan ke depan Pemkab akan lebih tertib dalam memberikan hibah dan bantuan sosial.

Kalau seperti dulu, memang bisa melalui kebijakan pengelolaan anggaran dalam memberikan hibah dan Bansos,” terang Awe.

Sosialisasi hibah dan bansos berbasis online, merupakan tindak lanjut dari pertemuan Pemkab Lingga dengan pengelolaan di Kota Bandung yang telah menerapkan program ini. Kerjasama juga telah dilakukan, dan ditandatangani untuk pengelolaan hibah dengan online.

”Dengan sistem ini, nantinya semluruh masyarakat dapat mengakses siap saja penerima hibah. Kenapa ajuan hibah tidak direalisasi, hingga besaran uang hibah yang diiberikan kepada seseorang atau badan penerima serta pertanggugjawabannya,” terang Alias Wello. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here