Hiburan Malam Makin Subur di Natuna

0
1287
PENDATAAN: Petugas Satpol PP saat mendata di Tempat Hiburan Malam di Natuna. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Bisnis hiburan malam makin subur di Natuna. Ada yang dibangun dan dijalankan dengan cara sederhana. Ada juga yang sudah yang dioperasikan melalui teknik-teknik modern. Secara kasat mata, industri hiburan merupakan industri yang paling subur di Natuna jika dibandingkan dengan industri lainnya.

Hal itu diakui pemerhati Wisata Natuna, Ani di Seputaran Pantai Kencana, Selasa (28/3).
Menurut Ani, eksistensi industri hiburan di Natuna tidak bisa dipungkiri adanya.

Sektor ini tumbuh dengan subur di Bumi Laut Sakti Rantau Bertuah, keberadaannya berpotensi mendorong perekonomian sebagian masyarakat dan dapat menyerap banyak tenaga kerja.

”Secara ekonomis, industri hiburan cukup berpotensi. Kita dapat lihat betapa suburnya usaha-usaha masyarakat di sektor ini. Bahkan, tenaga kerjanya pun banyak diambil dari luar daerah. Semestinya sektor ini tak boleh diabaikan,” kata Ani.

Baca Juga :  Status Kasus Proyek Pasar Miring Ditingkatkan

Selain dari sisi dampak perekonomian yang cukup signifikan dan jumlah serapan tenaga kerja, tingkat kesuburan industri ini juga dapat diukur dari sisi pertumbuhan jumlahnya yang sangat dinamis.

Usaha di sektor ini diyakini akan terus berjalan dan bertambah jumlahnya meski ada larangan dari pemerintah terhadap sebagiannya karena tersangkut urusan izin.

Apalagi, industri yang satu ini ditopang oleh pangsa pasar yang besar di Natuna. Ia memperkirakan beberapa tahun ke depan, permintaan terhadap produk-produk hiburan terutama hiburan malam di Natuna akan semakin meningkat seiring dengan pesatnya pembangunan di Natuna.

”Saya yakin jumlahnya akan semakin bertambah. Karena logikanya, jumlah orang dan tingkat pendapatan akan mempengaruhi permintaan. Sekilas kita bisa lihat sekarang, walaupun sebagiannya sudah disegel pemerintah, tapi industri ini tetap saja tumbuh dan eksis dengan caranya sendiri. Kenapa ini terjadi, karena antusiasme pasarnya cukup tinggi. Apalagi nanti kalau Natuna sudah semakin ramai,” jelasnya.

Baca Juga :  Obat Langka, Sekda Segera Temui Menkes

Menurut Ani, industri hiburan adalah potensi besar untuk Natuna yang semestinya tidak boleh diabaikan begitu saja.

Pemerintah selaku pemegang kewenangan tertinggi di daerah semestinya mulai berpikir tentang pola dan formula industri yang satu ini. Sehingga industri ini bisa mendapatkan kemasan yang elegan tanpa menyinggung perasaan kelompok masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

”Menurut saya, kalau usaha itu terbukti berpotensi, untuk apa dimatikan. Kalaupun ada masalah, saya rasa jalan tengah itu selalu ada. Persoalan yang selama ini ada, saya rasa hanya ,tersangkut pada sisi kemasan saja. Kalau kemasannya baik, saya yakin tak ada pihak yang terganggu dengannya. Di saat seperti inilah kehadiran pemerintah sangat diperlukan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ansar Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim Sedanau

Ani berpendapat, industri ini memerlukan ruang dan aturan prilaku sehingga keberadaannya tidak menjadi hal yang sensitif di tengah masyarakat.

”Semestinya industri ini punya ruang tersendiri. Aturan berprilakunya pun harus dibuat dengan tegas kepada semua pengusaha,” tutupnya. (cr25)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here