Hidran Standby di Pelantar

0
531
HIDRAN PELANTAR: Warga pelantar di kawasan Kota Lama disediakan hidran sebagai pertolongan pertama saat ada kebakaran. f-raymon/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Alat pemadam kebakaran hidran selalu standby atau disediakan di daerah pelantar, hal itu untuk antisipasi terjadinya kebakaran. Hal itu seperti terlihat di kawasan Pelantar Mutiara III yang sudah dilengkapi dengan hidran yang merupakan alat pemadam kebakaran.

Warga Pelantar Mutiara III, Muklis mengatakan, hidran tersebut disediakan Pemko Tanjungpinang dalam upaya berjaga-jaga bila ada kebakaran bisa segera memadamkan. Jikapun tidak minimal mengurangi sembari menunggu datangnya pemadam kebakaran.

”Sudah lama hidran dipasang disini untuk antisiapasi terjadinya kebakaran,” katanya kepada Tanjungpinang Pos Selasa (11/7). Menurutnya, semenjak hidran dipasang belum pernah digunakan, sebab tidak ada kejadian kebakaran di kawasan tersbut.

”Mudahan tidak terjadi kebaran didaerah sini,” jelasnya. Muklis menyarankan, meski tidak dipakai, Pemko melakukan pengecekan berkala pada mesin dan alat lainya untuk memastikan apakah kondisinya masih bagus atau tidaknya.

”Belum pernah melihat adanya perbaikan, semestinya dalam satu bulan mesin dilakukan perawatan,” ungkapnya. Hidrant merupakan alat pemadam kebakaran yang terhubung dengan sumber air bertekanan. Alat ini bermanfaat untuk pemadaman api tanpa membuat penggunanya khawatir terhadap kekurangan pasokan air.

Tabung hidrant berwarna merah tersebut dihubungkan dengan selang pemadam kebakaran saat dibutuhkan. Di bawah permukaan tanah, alat ini memiliki sistem instalasi yang terintegrasi dengan komponen-komponen pendukung lainnya seperti pipa utama pengalir air, pipa bertekanan serta support block untuk alas dan penyangga. Dipelantar ini ada enam hidran dan satu mesin pompa yang disediakan pemerintah. Air yang digunakan untuk memdamkan api adalah air laut, mesin penyedot air dipasang dengan paralon.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here