Himanegara UMRAH Beri Orientasi ke Maba

0
775
MAHASISWA baru Ilmu Administrasi Negara UMRAH foto bersama usai mengikuti kegiatan Ospek.F-istimewa

DOMPAK – Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Universitas Maritim Raja Ali Haji (Himanegara-UMRAH) Tanjungpinang memberi orientasi kepada mahasiswa baru (Maba).

Kegiatan orientasi ini merupakan agenda tahunan dan sebelum-sebelumnya sudah pernah dilakukan.

Kali ini, dari Himanegara membuat orientasi mahasiswa Ilmu Administrasi Negara ke arah yang lebih membangun mulai dari pola pikir yang kritis, inovatif, kreatif dan mandiri serta menjalin tali silaturahmi antara pengurus Himanegara bersama mahasiswa baru.

Kegiatan tersebut digelar pada tanggal 13-16 September dengan tema ‘Revolusi Mindset’.

Pada kegiatan ini ada beberapa penyampaian materi yang disampaikan kepada peserta orientasi yang dilakukan pada tanggal 13-14 September di Lantai III Gedung Rektorat UMRAH di Dompak.

Materi-materi itu diantaranya, tata krama dan etika dalam kehidupan kampus yang disampaikan oleh Muhammad Hafiz sebagai Demesioner Himanegara. Kemudian, materi tentang perbedaan pola pikir siswa dan mahasiswa yang disampaikan oleh Ketua umum Himanegara.

Baca Juga :  Pesta Rakyat Tutup KKN UMRAH di Lingga

Materi lain dengan tema pentingnya organisasi dalam kehidupan kampus yang disampaikan oleh Muhammad Ravi, serta pergerakan mahasiswa UMRAH yang disampaikan oleh Demesioner Himanegara Novenri Halomoan Simanjuntak.

Peran mahasiswa dalam mengatasi problematika bangsa, disampaikan melalui Demesioner Himanegara Adi Agus Setiawan.

Acara tersebut dibuka langsung pada tanggal 13 September oleh Wakil Dekan I Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IAN-FISIP) Nanik Rahmawati M.Si.

Maksud dan tujuan kegiatan orientasi, disampaikan oleh ketua pelaksana Muslim Hamdi. Muslim Hamdi menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan mahasiswa baru tentang kehidupan kampus khususnya di FISIP jurusan IAN dan menjelaskan hakikat sebagai seorang mahasiswa.

”Orientasi kali ini kami memilih tema revolusi mindset yaitu, mengubah pola pikir mahasiswa baru yang awalnya pada jenjang kesiswaan yang cenderung memiliki pola pikir yang pragmatis, pasif, bahkan apatis kemudian mereka masuk dalam dunia mahasiswa dan dengan adanya kegiatan ini kami membuka pintu kepada mereka agar menjadi mahasiswa yang aktif, kritis dan berjiwa sosial tinggi,” ujar Hamdi.

Baca Juga :  Dosen FKIP UMRAH Sharing Ilmu dengan Prof Geoffrey

Ketua Umum Himanegara Heri Kurniawan menyampaikan, bahwa kegiatan orientasi mahasiswa ilmu administrasi negara yang bertema ‘Revolusi mindset’ adalah salah satu langkah awal bagi mahasiswa baru sebagai generasi penerus bangsa.

Menurutnya, yang mana hakikatnya mahasiswa memiliki pemikiran-pemikiran yang kritis, inovatif, kreatif dan peka pada kehidupan sosial.

”Kami berterima kasih juga kepada pihak-pihak, termasuk Kepala Prodi IAN-FISIP yakni Imam Yudhi Prastya, MPA telah memberikan dukungan penuh kepada Himanegara untuk kegiatan orientasi tersebut. Semoga kegiatan tersebut dapat menciptakan kader-kader Himanegara yang berdaya saing tinggi,” terang Heri Kurniawan.

Pada tanggal 15-16 September mereka melaksanakan kegiatan bersama yaitu malam keakraban mahasiswa IAN sekaligus family gathering.

Malam keakraban, lanjut Heri, untuk menjalin hubungan antara Maba IAN dan pengurus Himanegara dan salah satunya menjalin tali silaturahmi, kekeluargaan, kebersamaan, dengan diiringi berbagai macam-macam kegiatan yang ditampilkan setiap kelompok peserta orientasi sekaligus malam keakraban.

Baca Juga :  Jelang Ramadan, Ada Lomba Desain Poster untuk Pelajar se-Pulau Bintan

Seiring berjalannya waktu, mahasiswa baru IAN FISIP akan memilih ketua angkatan tahun 2018.

Dari 8 Maba mencalonkan diri sebagai ketua angkatan 2018, yang terpilih sebagai Ketua angkatan 2018 yaitu Renaldi Kurniawan.

Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah visi utama dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Karena setiap perguruan tinggi haruslah melahirkan orang-orang yang memiliki semangat juang yang tinggi, pemikiran-pemikiran yang kritis, kreatif, mandiri, inovatif dan sebagainya.

Dapat dinyatakan pula, bahwa Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah salah satu tanggung jawab yang harus ditopang penuh oleh seluruh mahasiswa. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here