Himanegara UMRAH Gelar Latihan Kepemimpinan

0
488
HIMANEGARA UMRAH saat menggelar LKTD ke-IX di Tanjungpinang, belum lama ini. F-istimewa

DOMPAK – Pengurus organisasi Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (Himanegara), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji (FISIP-UMRAH) melaksanakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) ke-IX pekan lalu.

LKTD kali ini, mengusung tema ‘Mewujudkan Jiwa Kepemimpinan yang Progresif dan Berintegritas dalam Berorganisasi’. Kegiatan tersebut berlangsung sejak, Jumat (6/4) hingga Minggu (8/4 )di Aula Kwartir Daerah Kepulauan Riau Jalan Raya Dompak. Pelatihan LKTD tersebut dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Imam Yudhy Prastya MSI.

Pada pembukaan kegiatan, Imam Yudhy mengatakan, semoga LKTD ke-IX ini bisa melanjutkan estafet kepemimpinan yang akan datang dan tetap bersinergi kepada Ilmu Administrasi Negara serta dapat ilmu yang bermanfaat bagi peserta LKTD tersebut. Anggun Setiawan sebagai ketua pelaksana LKTD Himnegara ke-IX mengungkapkan, kegiatan tersebut ada beberapa materi dalam latihan kepemimpinan tingkat dasar bagi pengurus Himanegara yang belum lama ini dilantik.

Ia menjelaskan, materi-materi antara lain kepemimpinan dan manajemen organisasi, komunikasi dan etika dalam organisasi, kesekretariatan, potensi diri dan pengenalan organisasi, ksi dan propaganda, public speaking serta debat. ”Adapun yang mengikuti sidang sekaligus simulasi berjumlah 48 orang peserta yang terdiri dari semester 2 sampai semester 4 Ilmu Administrasi Negara,” sebut Anggun.

Pada pelaksanaan LKTD ke-IX itu, Anggun menyampaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan yang diselenggarakan dengan dana yang bersifat kolektif dari panitia dan peserta LKTD serta dibantu oleh pihak kampus. Ketua Himanegara Heri Kurniawan menyampaikan, LKTD salah satu program kerja dari bidang kaderisasi untuk progres regenerasi kepemimpinan untuk masa yang akan datang. Sedangkan tujuan diadakannya LKTD tersebut yakni mendidik jiwa kepemimpinan yang progresif dan berintegritas dalam berorganisasi.

Selain itu, untuk melatih mental dan fisik dalam melanjutkan regenerasi kepemimpinan yang akan datang. Terakhir, LKTD juga mendidik serta menjiwai rasa loyal dan kekeluargaan serta berkolaborasi dalam menjalankan tugas dan amanah dalam berorganisasi. Sebelumnya, pengurus Himanegara dilantik oleh Dekan FISIP-UMRAH Bismar Ariyanto M.Si di Aula Rektorat UMRAH di Dompak, Jumat (16/3).

Sebanyak 32 mahasiswa/mahasiswi resmi dilantik menjadi pengurus Himanegara periode 2018-2019. Data pengurus periode 2018/2019 terdapat 10 orang mahasiswa, dan 22 mahasiswi dan terbagi dalam 7 depertemen.

Ada pun departemen dimaksud Departemen Kajian publik, Sosial masyarakat, Kominfo, Kaderisasi, Minat dan Bakat, Kewirausahaan serta Kesekretariatan. Setiap departemen diisi sebanyak 4 orang dan itu tidak termasuk ketua, sekjen dan bendahara. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here