HiMK Ajak Siswa Kundur Kuliah Setelah Lulus

0
2549
SEORANG mahasiswa asal Kundur, Kabupaten Karimun ketika menjelaskan tentang perguruan tinggi kepada pelajar sekolah dalam kegiatan sosialisasi PTN/PTS yang ada di Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. f-istimewa

KUNDUR – Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di daerah asal, Himpunan Mahasiswa Kundur (HiMK) Kabupaten Karimun di Tanjungpinang-Bintan menggelar sosialisasi keberadaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Tanjungpinang dan Bintan, kemarin.

Mahasiswa yang tergabung dalam HiMK tersebut memberikan edukasi terkait perguruan tinggi ke sekolah-sekolah.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 6 hari dengan mengunjungi 5 SMA, 3 SMK, 2 MA serta 1 pesantren se-Pulau Kundur.

Ketua HiMK Tanjungpinang-Bintan, Muslim Hamdi mengatakan, sosialisasi ini merupakan agenda yang dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya ketika kembali ke Pulau Kundur di waktu libur.

”Kegiatan ini sebagai bentuk pengabdian terhadap daerah. Kegiatan sosialisasi tentang PTN/PTS ini dilaksanakan di seluruh SMA sederajat se-Pulau Kundur yang terdiri dari 5 SMA, 3 SMK, 2 MA dan 1 pesantren. Tujuan dari kegiatan ini adalah, untuk memperkenalkan siswa kelas 12 tentang kondisi lingkungan, budaya masyarakat dan pendidikan tinggi yang ada di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan,” ujar Muslim.

Kegiatan sosialisasi PTN/PTS tahun ini, HiMK mengangkat tema yakni ‘Salam Edukasi’. Maksudnya adalah, memberikan sapaan kepada siswa Kelas 12 tentang pentingnya pendidikan tinggi setelah tamat SMA sederajat.

Hal ini didasari, karena melihat banyaknya siswa tamatan SMA sederajat yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Sehingga mereka mengajak adik-adik sekampungnya agar kuliah setelah tamat SMA sederajat. Banyaknya lulusan SMA sederajat yang tidak kuliah, karena mereka lebih memilih kerja dari pada harus menimba ilmu di kampus.

”Padahal Pulau Kundur membutuhkan kontribusi pemuda dalam upaya pembangunan yang berkemajuan. Kundur butuh SDM (Sumber Daya Manusia) yang unggul,” jelas Musli.

Maka dari itu, sebagai bagian dari pemuda dan masyarakat Pulau Kundur HiMK selaku organisasi kedaerahan memiliki tanggungjawab moral untuk mengabdikan dirinya ke daerah.

Melalui salam edukasi inilah, lanjut dia, momentum yang dibangun oleh HiMK untuk berdedikasi di bidang pendidikan. Sekaligus menceritakan pengalaman, dan memberikan dorongan serta berbagi pengetahuan dengan pelajar SMA.

”Tak lupa juga turut memberikan semangat belajar dan memberikan motivasi tentang pentingnya pendidikan. Itulah esensi dari salam edukasi dari kami. Jadi pelajar SMA akan memiliki gambaran nantinya, setelah lulus SMA sederajat dan akan memilih melanjutkan pendidikan tinggi. Baik itu jurusan dan kampus yang sesuai minatnya,” tambah Muslim.

Sehingga nantinya diharapkan, agar pelajar asal Kundur benar-benar memilih jurusan ilmu di perguruan tinggi yang sesuai tanpa sekedar ikut-ikutan dengan temannya.

Sebab, jika salah memilih jurusan atau fakultas tentunya diri sendiri yang akan rugi baik itu rugi waktu dan biaya.

Selanjutnya mereka akan menunggu kedatangan calon mahasiswa Kundur di Tanjungpinang tempat HiMK berada.

Mereka akan berusaha dan membantu adik-adiknya yang ingin mendaftarkan diri di perguruan tinggi yang ada di Tanjungpinang dan Bintan sesuai dengan kapasitasnya.

”Mulai dari pendaftaran, proses seleksi hingga diterimanya mereka di kampus yang telah dipilih. HiMK juga akan menjadi wadah belajar bagi mahasiswa yang nantinya kuliah di Tanjungpinang dan Bintan agar mahasiswa asal Kundur nantinya bisa berkontribusi dalam memajukan daerah secara kolektif,” sebutnya. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here