HIMK Kenalkan Kampus ke Pelajar Kundur

0
799
MAHASISWA tergabung di HIMK, Tanjungpinang saat menggelar sosialisasi tentang perguruan tinggi ke sekolah-sekolah SMA di wilayah Kecamatan Kundur.F-ISTIMEWA

KARIMUN – Himpunan Mahasiswa Kundur (HIMK) Kabupaten Karimun Tanjungpinang menggelar sosialisasi perguruan tinggi di Kecamatan Kundur. Kegiatan sosialisasi itu dilaksanakan empat hari, di awal bulan lalu di sekolah-sekolah tingkat SMA sederat yang ada di Kecamatan Kundur.

Kegiatan itu, memberikan informasi seputar perguruan tinggi yang ada di Tanjungpinang. Di antaranya, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan dan kampus lainnya.

”Kami juga memberikan informasi, serta tata cara untuk mendaftar ke perguruan tinggi atau kampus lainnya setelah lulus SMA,” kata Aji Sugeng Suratmaji, Ketua HIMK, Rabu (31/1).

Aji menambahkan, di sela-sela sosialisasi perguruan tinggi juga memberikan informasi tentang gambaran aktivitas di lingkungan kampus. Seperti aktivitas di oranisasi kemahasiswaan, kegiatan akademis yang mendukung perkuliahan serta pengabdian di masyarakat seperti yang dilakukan mahasiswa/i pada umumnya.

Baca Juga :  304 Mahasiswa UMRAH KKN di Tiga Daerah

Tidak lupa juga, rombongan memberikan informasi seputar pengembangan bakat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). ”Dengan memberikan informasi itu, adik-adik pelajar termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Sebab, ada beberapa pelajar masih bingung dengan aktivitas perguruan tinggi,” terang Aji, yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UMRAH.

Ia menilai, ada beberapa faktor siswa tak bisa menlanjutkan kuliah. Pertama karena tidak ada niat serta kemampuan ekonomi. ”Kita paham dengan kondisi itu, tetapi kami juga memberikan dorongan agar adik-adik pelajar di Kundur agar tidak patah semangat,” paparnya.

Baca Juga :  132 Mahasiswa STAIN-SAR Kepri Diwisuda

Bagi siswa dari keluarga tak mampu, ia mendorong untuk mengambil proram Bidik Misi, apakah prestasi ataupun tak mampu. Jangan ada alasan lagi, siswa tak bisa kuliah karena tak mampu atau tak memiliki biaya. Terpenting memiliki semangat, dan mengikuti berbagai program beasiswa.

Bahkan ada juga dari pemerintah daerah maupun provinsi. Ini tergantung dari bagaimana pelajar mencari informasi. Dia menjelaskan, ada beberapa cara masuk ke perguruan tinggi, diantaranya melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) maupun mandiri.

Baca Juga :  Mahasiswa Perancis Kuliah di FT UMRAH

Kegiatan sosialisasi itu berlangsung di SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4. SMA Negeri 5, SMK Budi Mulya, SMK Negeri, Madrasah Alyah (MA) Al-Huda, MA Ummul Quro serta Pesantren Darul Furqon yang semuanya berlokasi di lingkup Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun.

”Kami yang menggelar sosialisasi ini berjumlah 30 orang mahasiswayang kuliah di UMRAH,” ungkapnya.

Kegiatan ini, sekaligus meperkenalkan keberadaan kami, melalui organisasi mengatasnamakan Kecamatan Kundur yakni HIMK.
Sedangkan, organisasi induknya yakni Himpunan Mahasiswa Kabupaten Karimun (HIMKK). (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here