Himka Kenalkan Perguruan Tinggi kepada Pelajar

0
623
PULUHAN pelajar di Anambas mengikuti sosialisasi perguruan tinggi yang diselenggarakan mahasiswa yang tergabung dalam Himka. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Sebanyak 14 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Tanjungpinang asal Anambas yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kabupaten Kepulauan Anambas (Himka), menggelar sosialisasi ditiap-tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Anambas.

Sosialisasi itu, mendorong putra-putri asli Anambas untuk melanjut pendidikan tinggi (Dikti) setelah tamat SMA sederajat. Salah satu mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Khaidir yang juga sebagai Ketua Umum Himka mengatakan, sosiaalisasi itu mengenai profil kampus yang ada di Tanjungpinang.

”Jadi sosialisasi ini memotivasi adek-adek kita yang nantinya lulus dari SMA berani melanjutkan ke perguruan tinggi. Sebab, minat melanjutkan pendidikan masih sangat minim,” jelas Khaidir, yang merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Kampus UMRAH, Kamis (18/1).

Minimnya minat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, dilatarbelakangi masalah pembiayaan. Ini merupakan persoalan umum, tetapi sebagian juga karena minimnya informasi yang terima masyarakat terkait perguruan tinggi.

Sehingga, para siswa di Anambas tidak mengetahui lebih banyak tentang perguruan tinggi terkait program studi apa saja yang ada. Untuk itu, sebagai mahasiswa aktif yang berasal dari Anambas berupaya melakukan sosialisasi dan menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang civitas akademi untuk kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah terdepan seperti Anambas.

”Upaya itu kita bentuklah Himka sebagai wadah pusat informasi seputar perguruan tinggi, dan anggotanya semua mahasiswa aktif,” tuturnya.

Kini berkuliah dibeberapa sekolah tinggi seperti Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan.

Politeknik Kementerian Kesehatan, Akademi Kebidanan Anugerah Bintan dan Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI) Tanjungpinang dan kampus lainnya. Khaidir menambahkan, kini mahasiswa asal Anambas yang tergabung dalam Himka telah mencapai seribu orang lebih.

Untuk itu, peran Himka sangat membantu daerah dalam meneruskan informasi terkait perguruan tinggi. ”Alhamdulillah. Kami telah melaksanakan sosialisasi di dua kecamatan sejak 13 Januari lalu,” paparnya.
Yaitu di Kecamatan Siantan dan Kecamatan Siantan Tengah.

Jika tidak ada halangan, maka akan dilanjutkan ke Kecamatan Palmatak tepatnya di SMA Negeri 1. Sementara, untuk sekolah lainnya yang telah disambangi untuk sosialisasi diantaranya MA Fatahilah, SMA Negeri 1 Siantan serta SMK Negeri 1 Anambas. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here