Himkum Siap Kawal Kebijakan Pemerintah Daerah

0
568
BERBAGI: Mahasiswa Himkum sedang membagi-bagikan makanan berbuka puasa. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Himpunan Mahasiswa Hukum (Himkum) UMRAH Tanjungpinang menyatakan siap melakukan pengawasan dan memberikan saran terhadap kinerja pemerintahan daerah agar pro rakyat. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Hukum, Rimbun Purba. Serta mengaku baru membentuk organisasi tersebut. Meski demikian, pihaknya telah memiliki visi dan misi terarah dengan berbagai program yang akan dilaksanakan.

”Kita ingin mengawal pembangunan dan kebijakan serta melakukan berbagai kegiatan positif di tengah masyarakat,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (8/6) sore usai memberikan makanan berbuka puasa kepada masyarakat tak mampu di beberapa titik jalan. Pihaknya menyediakan 60 bungkus nasi yang di bagi-bagikan.

Sumber pendanaan berasal dari kas Himkum dan sumbangan para anggota. Kini, pihaknya berupaya membantu masyarakat melalui disiplin ilmu yang dimiliki, diantaranya memberikan bantuan hukum kepada warga tak mampu atau bahkan membetuk beberapa advokasi sesuai dengan kebutuhan. ”Dalam waktu dekat kita akan membentuk advokasi nelayan. Tujuannya agar para nelayan dapat memperjuangkan hak- haknya dengan baik,” ucapnya.

Ada banyak program pemerintah untuk nelayan, hanya saja persoalan selama ini tidak tersampaikan dengan baik. Bahkan ada banyak bantuan yang tidak tepat sasaran.
Selain itu memberikan pemahaman tentang pentingnya memiliki jaminan kesehatan, kecelakaan kerja dan kematian. Program ini sudah berjalan melalui badan atau lembaga yang ditunjuk pemeirntah.

Hanya saja harus diakui, belum seluruh masyarakat, termasuk nelayan dan buruh mengetahui. Padahal progam ini sangat penting, untuk memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat dimanapun berada.  ”Biasanya masyarakat susah untuk membuka diri, mudahan melalui program kerja yang di laksanakan mampu memberikan pemahaman,” tambahnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here