Hindari Pungli, Ponsel Pegawai Ikut Dititipkan

0
157
Pengunjung Rutan menitipkan hapenya sebelum masuk. f-Raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang dicanangkan pemerintah pusat, dengan tujuan membersihkan pelayanan publik dari korupsi, kini Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang mulai berbenah diri. Dan memperbaiki sistem pelayanan.

Perubahan pelayanan dalam pencegahan maupun pelayanan publik agar menghindari dari upaya yang melanggar hukum mulai diterapkan.

Salah satunya mencegah upaya pungli dan narkoba masuk di dalam Rutan.

Pertama mendirikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di dalam Rutan. Kepala Rutan Tanjungpinang Fonika Afandi melalui Kepala Pengamanan Fajar Teguh Wibowo mengatakan, perbaikan dan pembenahan pelayanan terus kita lakukan menuju wilayah bebas korupsi.

Selain pengunjung para pegawai juga kita perketat. ”Pertama kita sudah terapkan pelayanan PTSP. Kedua untuk internal anggota kita telah disediakan loket penitipan ponsel. Begitu juga loket penitipan ponsel bagi para pengunjung yang menjenguk,” katanya Jumat (29/3).

Lanjutnya, pelayanan sistem PTSP akan mempermudah semua pihak khususnya pengunjung. Baik pengunjung keluarga tahanan maupun penasehat hukum tahanan dalam mengurus proses hukum kliennya yang berada di dalam tahanan.

”Pelan-pelan kita mulai memperbaiki sistem sehingga pelayan di Rutan menjadi baik,” sebutnya.

Sementara itu, untuk penitipan ponsel dilakukan agar tak ada lagi pengunjung yang akal-akalan menyelundupkan ponsel ke dalam. Karena tak jarang ponsel dapat dimanfaatkan tahanan untuk berbuat kejahatan.

”Kita harapkan menuju WBK ini semuanya benar-benar dibenahi. Bukan hanya simbol saja, namun semua pelayanan demi terciptanya hak asasi manusia yang lebih baik. Kita terus meningkatkan pelayanan,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here