Hj Mufidah Jusuf Kalla Mengagumi Kerajinan dari Tulang Ikan

0
423
KETUA Dekranas pusat Hj Mufidah Jusuf Kalla mengamati kerajinan tulang ikan di dalam etalase. Kerajinan ini hasil produk usaha kerajinan warga Bintan, binaan Dekranasda. f-istimewa

Cerita Pengurus Dekranasda Bintan Berkunjung ke Dekranas RI

KIJANG – HUT ke-38 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bintan, tak hanya cuma potong nasi tumpeng dan syukuran. Sebelumnya, dejumlah pengurus juga melakukan kunjungan kerja ke Dekranas RI. Hasilnya, Ketua Dekranas RI Hj Mufidah Jusuf Kalla mengagumi kerajinan dari bahan tulang ikan, yang berasal dari Dekranasda Bintan.

Selama ini, Dekranasda Kabupaten Bintan bangga dengan hasil kerajinan yang dibikin oleh kaum ibu, maupun para perajin di Bintan. Hasil karya tangan anak negeri cukup fantastis. Tak jarang mendapat pujian dari tamu dari luar daerah Bintan, yang datang ke galeri Dekranasda Bintan, di gedung LAM Kabupaten Bintan, Kelurahan Kijang Kota, Bintan Timur.

Hal itu pula, yang membuat Sekretaris Dekranasda Bintan Remon dan beberapa pengurus percaya diri, untuk membawa hasil kerajinan para perajin di Kabupaten Bintan, ke Sekretariat Dekranas RI, di Jakarta, Rabu (28/2) pekan lalu. Kerajinan yang dibawa itu pelbagai bentuk suvenir, aksesori, dan hiasan dinding.

Dalam kunjungan kerja Dekranasda Bintan ini, Remon dan sejumlah pengurus lainnya, langsung disambut oleh Ketua Dekranas RI Hj Mufidah Jusuf Kalla. Dalam silaturahmi dan kunjungan kerja ini, Remon membicarakan persoalan kelembagaan Dekranasda, dan promosi produk yang dihasilkan masyarakat. Remon pun memperlihatkan contoh produk kerajinan warga Bintan, berupa miniatur kapal yang terbuat dari tulang ikan. Produk ini merupakan satu kebanggaan hasil kerajinan Bintan.

Melihat produk dari bahan tulang ikan itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) RI Hj Mufidah Jusuf Kalla memberikan pujian.

”Alhamdulillah ibu Ketua Dekranas pusat senang dengan hasil dari para perajin Bintan. Bahkan beliau sempat berkata takjub, dengan keindahan miniatur dari tulang ikan itu. Bu Hj Mufidah Jusuf Kalla sangat kagum,” jelas Remon saat ditemui, kemarin.

Bahkan saat itu, jelas Remon, Ketua Dekranas RI Hj Mufidah tertarik dan melihat secara detail terhadap miniatur kapal dari tulang ikan, yang dikemas dalam etalase kaca itu. Hj Mufidah mengungkapkan, miniatur hasil kerajinan Bintan itu indah sekali, simpel bahan-bahannya, tapi begitu hebat hasil karyanya.

”Ini dari tulang ikan lho, mungkin banyak yang dibuang-buang. Tapi ini bisa disulap sedemikian rupa. Saya berani bilang ini karya yang mahal. Bukan karna bahan bakunya, tapi nilai seni dan daya imajinasinya ini lho yang mahal. Begitu lah ungkapan Bu Hj Mufidah,” demikian ditirukan Remon.

Ketua Dekranasda Bintan Hj Deby Maryanti Apri merasa sangat bangga atas apresiasi tersebut. Menurut Hj Deby Maryanti, ini merupakan prestasi para perajin di Bintan. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here