HKTI Harus Bina Petani

0
625
ARAHAN: Bupati Aunur Rafiq saat memberikan arahan usai melantik Pengurus HKTI Karimun, Minggu (1/10). f-ALRION/tanjungpinang pos

KARIMUN – BUPATI Karimun Aunur Rafiq menegaskan, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Karimun harus menjadi motor penggerak petani.

Peran HKTI, harus mampu meningkatkan produksi pada sektor pertanian. Hal itu ia ungkapkannya pada pelantikan pengurus HKTI periode 2017-2022 di salah satu hotel di Karimun, Minggu (1/10).

”Pengurus HKTI harus mau turun dan berdiskusi dengan petani. Akan lebih baik, jika langsung bertani dan belajar bersama petani lainnya,” tambah Rafiq.

Ke depannya, pengetahuan petani harus terus ditingkatkan. Seperti mengubah pola untuk bercocok tanam secara tradisional menjadi konvensional. Artinya, petani yang dulunya hanya bercocok tanam secara biasa dan ke depannya harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada.

Baca Juga :  Rafiq Kukuhkan IKBF Kundur

”Ini sebagai tantangan bagi HKTI Karimun, bagaimana lahan pertanian yang terbatas saat ini dapat meningkatkan produksi pertanian. Selain itu, bagaimana memajukan para petani dengan bergandengan tangan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkanb) Karimun,” sebutnya.

Menurutnya, HKTI bisa menyelesaikan persoalan-persoalan para petani di Kabupaten Karimun. Terutama keterbatasan subsidi pupuk yang diberikan oleh Pemerintah Pusat yang tidak sesuai dengan kebutuhan petani kabupaten Karimun.

Dimana saat ini, hanya 14 ton pupuk per tahun yang diterima. Sedangkan juka sesuai kebutuhan, harusnya 400 sampai 500 ton per tahunnya.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here