HMJ Turut Promosikan Prodi Kampus

0
128
HMJ Ekonomi Syariah foto bersama dengan HMJ lainnya beserta Ketua STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang Amir Husin. F-ISTIMEWA

Himpunan Mahasiswa Jurusan STAI-MU Segera Rapat

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang dibentuk di masing-masing ProgramStudi (Prodi) yang ada di kampus perannyacukup besar. Salah satunya memperkenalkan dan mempromosikan Prodi di kampusnya.

TANJUNGPINANG – SELAIN itu, HMJ juga wadah organisasi mahasiswa-mahasiswi di kampus. Peran organisasi dalam lingkup kampus sangat bermanfaat ketika mahasiswa-mahasiswi berkecimpung di organisasi yang ada.

Dengan berorganisasi, mahasiswa-mahasiswi dapat belajar tatanan organisasi tersebut serta melatih kepemimpinan walau dalam lingkup kecil.

Dosen Prodi Ekonomi Syariah (ESY) Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ulum Tanjungpinang Dwi Vita Lestari S, M.Pd mengatakan, bagi pengurus 4 HMJ yang baru dilantik barubaru ini akan segera menggelar rapat untuk membahas program kerjanya masing-masing.

Dosen berparas cantik ini mengungkapkan, di samping mengenyam teori pada proses pembelajaran di kampus, tentunya, mahasiswa-mahasiswi juga akan memiliki kemampuan (skill) tambahan dalam membina berorganisasi.

Selain itu, dengan berorganisasi mahasiswamahasiswi akan mengasah kemampuan dalam kepemimpinan, kerja sama (team work) dan membina networking melalui kegiatan-kegiatan selama menjadi pengurus HMJ.

”Setelah dilantik beberapa hari lalu, mereka secepatnya melaksanakan rapat kerja untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang menjadi program kerja. Kegiatan itu seperti seminar dan pelatihan, workshop, menghadiri undangan termasuk mengambil bagian dalam akreditasi prodi,” jelas Vita kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (10/1).

Selain itu, melalui sejumlah program kerja di HMJ turut memberikan kontribusi dalam meningkatkan akreditasi masing-masing prodi bahkan institusi kampus khususnya STAI Miftahul Ulum.

”Secara tidak langsung, HMJ juga berperan mempromosikan masingmasing prodi di masyarakat. Mereka juga nanti menjadi perwakilan kampus, saat ada undangan dari pihak luar,” terang Vita.

Sebelum mengadakan kegiatan, lanjut Vita, pengurus harus berkoordinasi dengan pihak kampus untuk perizinan. Setelah kegiatan HMJ yang telah dijalankan, nantinya akan dievaluasi apa kekurangan yang harus diperbaiki untuk kegiatan selanjutnya.

Namanya juga mereka dalam tahap belajar organisasi. Kelebihannya adalah mereka langsung praktik dan selalu dalam pengawasan Ketua STAI MU, Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan dan pembina HMJ.

”Mengenai pertanggungjawaban mereka di HMJ setiap setelah kegiatan, mereka wajib membuat laporan kegiatan. Untuk manajemen dan administrasinya,” sebut Vita yang juga aktif dalam berorganisasi.

Masih kata Vita, khusus untuk kegiatan HMJ ESY lebih banyak bertemaka Ekonomi Syariah ataupun tentang manajemen, penulisan karya ilmiah, lembaga bank syariah dan nonbank syariah.

”Yang sering digelar selama ini, lebih banyak mengenai entrepreneur (kewirausahaan) sesuai dengan program pemerintah dan visi misi Prodi ESY,” tutupnya.

Selain akan menggelar rapat program kerja, Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) dan jurusan Pendidikan Guru Madrasyah Ibdaiyah (PGMI) STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang bakal menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Rencananya, pelatihan akan digelar, Sabtu (12/1).

Menurut Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Bahasa Inggris STAI-MU, Yandi Ilham, pelatihan ini untuk membentuk karakter mahasiswa agar bisa memimpin berbagai kegiatan serta sebagai bekal pengetahuan mereka saat berada di lingkungan masyarakat. Kegiatan ini sangat penting.

Sementara itu, Ketua Jurusan Tadris Bahasa Inggris STAI MU, Taufik Afdal M.Hum, pihak kampus selama ini selalu mengakomodir semua kegiatan kemahasiswaan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat karena akan mengangkat kredibilitas kampus.

”Kita selalu dukung upaya-upaya mahasiswa dalam berbagai hal. Dari kegiatan olahraga, keagamaan maupun kegiatan sosial lainnya selalu kami support. Ini upaya kampus untuk mengarahkan mahasiswa agar menjadi kreatif dan bisa bermanfaat bagi orang banyak,” sebutnya.

Menurut, Taufik, pekan lalu mahasiswa Tadris Bahasa Inggris STAI Miftahul Ulum juga menggelar pertemuan dengan para alumni STAI.

”Selain untuk mempererat subungan silaturahmi juga untuk menggali ilmu bagaimana cara agar bisa cepat lulus serta ilmu yang didapat selama di kampus bisa diterapkan di masyarakat seperti yang sudah dilakukan oleh para alumni,” katanya.

Umumnya, sebut Taufik, para alumni STAI MU jurusan Bahasa Inggris langsung mendapat pekerjaan setelah tamat. ”Bahkan, banyak yang mahasiswa yang sedang kuliah sudah mendapatkan pekerjaan hingga mengalihkan jam kuliah untuk menyesuaikan dengan jam kerjanya,” sebut Taufik.

Secara umum, ada 40 persen alumni Tadris Bahasa Inggris STAI MU Tanjungpinang bekerja di sektor pariwisata.(ADLY ‘BARA’ HANANY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here