Hore… Jalan Lintas Timur Sudah Bisa Dilewati

0
683
BUPATI Bintan H Apri Sujadi, Kadis PUPR Juni Rianto dan Kabid Bina Marga Irzan meninjau pengerjaan jalan Lintas Timur, Kamis (4/10) siang kemarin.F-ISTIMEWA

Bupati Nyatakan Sudah Sesuai Progres

BINTAN – JALAN Lintas Barat lanjutan (jalan Lintas Timur) dari Km 22 Kijang menuju Km 16 Toapaya Selatan sudah tersambung. Jalan lintas Timur ini sudah bisa dilewati, tapi belum semua diaspal.

Kondisi ini dipastikan, setelah Bupati Bintan H Apri Sujadi meninjau jalan Lintas Timur bersama Kadis PUPR Juni Rianto, Kabid Bina Marga Irzan dan sejumlah staf, Kamis (4/10) kemarin.

”Kita patut bangga, jalan Lintas Timur sudah tersambung. Pekerjaan pembangunan infrastruktur jalan Lintas Timur tersebut berjalan baik. Kita berharap selesai tepat waktu, dan sesuai dengan standar spesifikasi,” ujar H Apri Sujadi.

Bupati menyebutkan, tahun anggaran 2017 lalu, infrastruktur jalan di Kabupaten Bintan telah diaspal sepanjang lebih dari 9,235 kilometer, serta jalan tanah lebih dari 1,2 Km. Pembangunan itu di daerah pemukiman masyarakat, yang tersebar di kecamata. Selain itu, pada tahun 2018 ini beberapa perencanaan pembangunan jalan juga sedang digesa, oleh beberapa dinas terkait.

Baca Juga :  Sehari, 35 Hektare Lahan Terbakar di Sri Bintan

Salah satu prioritas pembangunan jalan yaitu penyelesaian Jalan Lintas Timur, yang dibangun sepanjang lebih dari 4,5 Km, pada tahun anggaran 2018 ini. Total anggaran untuk jalan Lintas Timur yang dikeluarkan sekitar Rp 32,5 miliar.

”Beberapa pekerjaan lanjutan pada tahun 2018 ini seperti pemangkasan bukit, pemerataan dan penimbunan lahan (cut and field), serta pengaspalan. Pekerjaan sudah sesuai progres,” tegas H Apri Sujadi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bintan Juni Rianto menyampaikan, pekerjaan jalan Lintas Barat lanjutna (Lintas Timur) ini, progressnya berjalan baik. Pekerjaan tersebut dilakukan oleh Dinas PUPR Bintan, Dinas PUPR Provinsi Kepri dan Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Bintan.

Baca Juga :  Pemkab Siapkan Pekerja untuk KEK

Pengaspalan jalan dilakukan sepanjang 3.300 meter (3,3 Km) oleh Dinas PUPR Bintan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemkab Bintan sekitar Rp 19,5 miliar. Sedangkan Dinas PUPR Kepri mengalokasikan dana sebesar Rp 5 miliar, dan BP Kawasan Bintan mengalokasikan Rp 8 miliar.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Bintan Irzan mengungkap, saat ini pengerjaan jalan Lintas Timur sepanjang 12,816 Km sudah tersambung, dari Km 22 Kijang menuju Km 16 Toapaya Selatan, tepatnya di pertigaan jalan Lintas Barat. Dari 12,816 km itu, badan jalan yang sudah diaspal lebih kurang 4,5 Km.

Baca Juga :  Akhir Juni Beroperasi, Tarif Penumpang Roro ke Tambelan Rp135 Ribu

”Sekitar 8,3 kilometer, badan jalan Lintas Timur ini masih tanah. Tapi, sudah bisa dilewati. Semua badan jalan akan diaspal, tapi bertahap. Kita bangga, pembangunan Lintas Timur di Bintan ini bisa berjalan sesuai rencana,” kata Irzan, usai meninjau kegiatan.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here