Hore.. Pasar Baru Tak Banjir Lagi!

0
580
MELINTAS: Kendaraan roda empat melintas di kawasan Jalan Raya Pasar Baru I Tanjungpinang yang sudah tidak banjir lagi. f-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Setelah ada overlay dan pembuatan tunggul drainase, kini Pasar Baru I sudah tidak banjir lagi. Hal ini membuat para pedagang dan pengunjung merasa nyaman saat berada di pasar. Biasanya, saat air pasang ditambah hujanselalu membuat kawasan tersebut tergenang air.

Ini sangat dikeluhkan pengunjung terutama yang berjalan kaki. Hal ini seperti yang dikatakan juru parkir pasar Ikan Kota Lama, Ramdan kepada Tanjungpinang Pos belum lama ini.

Meski hujan saat ini tidak banjir lagi, dulu hujan sebentar aja pasti jalan tergenang air. Ditambah air pasang bisa smapai setengah lutut orang dewasa,” tuturnya.

Banjir di kawasan pasar tersebut dikarenakan menumpuknya sampah yang membuat saluran air menjadi tersumbat. Dulu, jika hujan meski setengah jam saja akan membuat kawasan digenangi air setinggi lutut orang dewasa.

Baca Juga :  Cuaca Picu Naiknya Harga Ayam

Salah satu pedagang, Herman mengatakan, hari ini hujan cukup deras, biasanya kalau sudah hujan jalan pasar ini sudah banjir namun sekarang sudah tidak lagi. ”Beruntung hari ini tidak banjir, jadi tidak menggangu mkasyarakat yang ingin berbelanja,” katanya Senin (23/10).

Menurutnya, beberapa minggu lalu, parit yang dibawah trotoar ini di bersihkan oleh petugas kebersihan. Banjir yang terjadi dipasar juga dipengaruhi dengan air laut pasang. ”Kalau sudah air pasang besar ditambah hujan jalan pasar banjir juga tapi itu biasanya terjadi menjelang bulan Desember,” sebutnya.

Baca Juga :  Kemenkumham Perketat Pengawasan di Lapas dan Rutan

Sementara Ratna pedagan kaki lima menuturkan, saat musim hujan yang paling dikhawatirkan itu banjir, kalau sudah banjir kita takutnya barang dagangan basah dan tidak laku lagi. ”Tadi tidak banjir mungkin dikarenakan adanya pembersihan drainase dan air laut tidak pasang,” tuturnya.

Dirinya mengharapkan, drainase yang berada di jalan trotoar pasar selalu dibersihkan oleh petugas kebersihan sehingga pasar ini terbebas dari banjir. ”Kalau sudah banjir air kotoran dari parit naik terkadang mengeluarkan bau yang tidak sedap,” ujarnya.

Perbaikan dilaksanakan pemerintah Provinsi Kepri, yang merupakan kewenangannya. Seperti pantauan Tanjungpinang Pos, Senin (23/10) di kawasan Pasar Ikan, masih tergenang air, bukan hanya karena hujan namun saat air laut pasang juga membuat jalan tergenang air.

Baca Juga :  Rumah Bhabinkamtibmas Jadi Pusat Layanan Keamanan

Hal ini sangat dikeluhkan pedagang, berharap Pemko Tanjungpinang memperhatikan hal ini. Herman menilai, Kota Lama perlu mendapat porsi besar untuk dibenahi, bila ini tidak dilakukan, lama-lama akan ditinggalkan masyarakat. Kasihan kami para pedagang ini, lama-lama omzet akan terus turun. Selain banjir juga tak bersih,” ungkapnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here