Hot Asi Berpeluang Gantikan M Apriyandi

0
701
M APRIYANDI caleg terpilih dari Partai Gerindra Dapil Tanjungpinang Timur divonis bersalah oleh PN Tanjungpinang dalam kasus politik uang.F-ISTIMEWA
M Afriandy caleg dari Partai Gerinda dapil Tanjungpinang Timur terdakwa politik uang dihukum oleh majelis hakim selama lima bulan penjara dengan masa percobaan selama 10 bulan. Jika M Apriyandi tidak banding, maka Hot Asi, berpeluang menggantikan Apriyandi di DPRD Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Putusan tersebut dibacakan oleh hakim ketua Acep Sopian Sauri didampingi hakim anggota Eduart P. Sialoho dan Santonius di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Senin (24/6).

Ketua majelis hakim, Acep Sofian mengatakan, terdakwa M Afriandy dinyatakan bersalah dengan hukuman selama lima bulan penjara dengan ketentuan pidana tersebut tidak usah dijalankan oleh terdakwa terkecuali sebelum habis masa percobaan selama 10 bulan.

Baca Juga :  Awal Desember, Operasi Pasar Dimulai

Dan pidana denda sebesar Rp24 juta dengan ketentuan apabila benda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan.

”Terdakwa terbukti secara sah menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada peserta kampanye pemilu secara bersama-sama,” katanya.

Hakim menilai, perbuatan terdakwa melanggar pasal 523 ayat 1 Jo Pasal 280 ayat 1 huruf J Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 e KUHP.

Hakim mempertimbangkan hal yang memberatkan terdakwa telah mencederai pesta demokrasi dan terdakwa tidak memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat.

Baca Juga :  Bayam, Kangkung Penyumbang Inflasi

”Hal yang meringankan terdakwa koperatif selama persidangan, sopan, belum pernah dihukum dan terdakwa merupakan orang tua tunggal,” sebut Acep.

Atas putusan tersebut terdakwa didampingi penasehat hukumnya menyatakan pikir-pikir begitu juga dengan jaksa penuntut umum (JPU) Zaldy menyatakan pikir-pikir.

”Saya menghormati atas putusan yang dijatuhkan atas putusan inn saya pikir-pikir,” ujar terdakwa dalam persidangan.

Sebelumnya, terdakwa di tuntut oleh JPU selama tiga bulan penjara dan denda 24 juta apabila tidak membayar maka diganti dengan hukuman satu bulan penjara. (RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here