Hotel SMKN 2 Terbuka Untuk Umum

0
1531
Gedung Edotel Mahligai SMKN 2 Tanjungpinang di Jalan Pramuka, Tanjungpinang. f-M SHENDY/tanjungpinang pos

Tanjungpinang – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Tanjungpinang menjadi satu-satunya sekolah yang memilki hotel. Diberi nama Edotel Mahligai yang artinya Eeducation hotel.

Pantauan Tanjungpinang Pos, Senin (6/3) terlihat sejumlah siswa-siswi dengan mengenakan pakaian baju putih dipadukan rok atau celana hitam rapi berada di kawasan Edotel tersebut.

Edotel selain untuk pendidikan ternyata juga terbuka untuk umum. Hotel tersebut tidak jauh berbeda dengan hotel profesional lainnya. Setiap pengunjung akan disambut ramah resepsionis yang merupakan pelajar jurusan perhotelan.

Suasananya cukup nyaman, meski tak seluas hotel ternama di Tanjungpinang. Selain terdapat kamar penginapan, juga ada aula mini yang disediakan ketika ada pertemuan atau acara seminar. Sehingga, bisa dimanfaatkan oleh siapa saja.

Kepala Sekolah SMKN 2, Delisbeth, Senin (6/3) pagi menuturkan, pengunjung Edotel Mahligai berasal dari berbagai kalangan. Belum lama ini, pernah dari pihak Kementerian Agama (Kemenag) menggunakan meeting room hotel untuk melaksanan rapat.

Selain itu ada juga pengunjung dari Batam serta beberapa pihak lain yang menggunakan untuk kegiatan pendidikan maupun penginapan.

Pengelola Edotel yang merupakan guru jurusan pehotelan SMKN 2 Tanjungpinang, Sumarsrini menuturkan, operasional sekolah sepenuhnya dikelola siswa dibantu oleh beberapa guru perhotelan.

Meski hanya dikelola para siswa, Edotel Mahligai tidak bisa dianggap remeh. Sebab hampir seluruh pelayanan di hotel profesional ada di tempat itu. Terdiri dari tiga lantai.

Lantai pertama untuk loby, restaurant, dan meeting room. Kemudian di lantai dua tersedia sembilan kamar penginapan dan untuk lantai tiga ada delapan kamar penginapan.

Edotel Mahligai juga memiliki kelas-kelas kamar , mulai dari standard room, superior Room, deluxe, super deluxe hingga president suite. Harga sesuai dengan pilihan di kisaran 300 ribu hingga 500 ribu bahkan lebih per malam.

Sumarsrini berharap Edotel Mahligai dapat semakin bermanfaat, tidak hanya sebagai media praktek siswa, tetapi juga sebagai tempat menginap masyarakat umum.

”Saya sangat berharap banyak pengujung. Ini merupakan tantangan bagi kami, selain untuk prakte meningkatkan kopentensi siswa juga terbuka untuk umum sehingga terus belajar memberikan pelayanan terbaik,” tutur Sumarsrini.

Untuk diketahui Edotel dibangun melalui dua anggaran. Yaitu APBN dan APBD Pemko Tanjungpinang. Diresmikan pada 2016 lalu oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.(M SHANDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here