Hujan Deras, 10 Rumah Terendam Banjir

0
512
WARGA melintas di saat banjir hingga ketinggian air sepinggang orang dewasa. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

Hujan deras yang mengguyur selama kurang lebih 8 jam, membuat puluhan rumah di Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja terendam banjir.

ANAMBAS – Banjir yang tingginya mencapai 1 meter, terjadi setiap kali hujan turun dan tahun ini merupakan banjir yang terparah. Air setinggi lutut hingga pinggang orang dewasa, terjadi di pemukiman warga di RT Muharam 1 dan 2.

Biasanya, jika hujan tidak pernah separah tahun ini. Sehingga, air yang tergenang kali ini sudah sangat luar biasa. ”Diperkirakan hampir 8 jam yang lalu, hujan terus mengguyur Kota Letung mulai dari pukul 03.00 WIB dinihari hingga siang kemarin. Warga tidak bisa berbuat banyak, hanya menyelamatkan barang perabot di dalam rumah,” kata Gusdi Munandar, warga setempat yang rumahnya juga terendam air, Kamis (11/1).

Ia menyebutkan, banjir seperti ini sering terjadi di wilayah tempat tinggalnya. Sebab, lokasi RT Muharam yang rendah dan dekat dengan aliran Sungai Jutai. Sehingga, saluran pembuangan air yang melintasi tidak cukup menampung air hujan.

Alhasil, air menggenangi rumah warga dan wilayah sekitarnya. Bukan rumah warga saja yang ikut terendam, lapangan bola kaki juga ikut tergenang oleh air hujan.

”Hujan cukup deras dan lama. Sehingga, intensitas air bertambah dan ditambah lagi lokasi di RT Muharam yang rendah. Lapangan bola kaki juga penuh dengan air kok Bang,” jelasnya.

Tentu harapan warga pada umumnya berharap, Pemerintah Daerah Anambas khususnya Kecamatan Jemaja segera dapat melakukan tindakan dan segera memberikan bantuan yang dibutuhkan warga.

Dirinya belum bisa memastikan, berapa banyak jumlah kerugian yang ditanggung oleh warga akibat musibah ini. Ia dan seluruh warga sangat berharap, supaya curah hujan segera reda dan air tidak bertambah terus. ”Sekitar 10 rumah warga yang terendam banjir,” sebutnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here