HUT Bhayangkara, Gelar Lomba Siskamling Kapolres Cup

0
99
Tim turun melihat kelengkapan pos kamling. F-istimewa

TANJUNGPINANG – Peringtan HUT ke 73 Bhayangkara, Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) menggelar lomba Siskamling Kapolres Cup 2019 tingkat kecamatan se Kota Tanjungpinang. Tim penilai sudah turun kelapangan dimulai, Selasa (18/6/).

Pos Kamling yang diperlombakan terlebih dahulu akan dikunjungi oleh Personil Sat Binmas. Ada beberapa kategori penilaian diantaranya, bangunan, fungsi, kelengkapan, sarana dan prasarana serta kesiapan baik petugas jaga dan lain sebagainya.

Pos Kamling yang diikut sertakan dalam perlombaan terlebih dahulu telah diseleksi oleh Bhabinkamtibmas dan Kapolsek di tiap kecamatan.

Terdiri dari empat Polsek yaitu Bukit Bestari, Polsek Tanjungpinang Timur, Polsek Tanjungpinang Kota dan Polsek Tanjungpinang Barat.

Tiap Polsek boleh mengikut sertakan dua pos kamling terbaik. Khusus Polsek Tanjungpinang Kota mengikutsertakan satu Poskamling. Ini artinya ada tujuh pos kamling jadi peserta tingkat Polres Tanjungpinang.

Untuk pos kamling yang dinilai di malam perdana yaitu pos kamling RT 02/RW 13 Kampung Sidomulyo dan Poskamling RT 003/RW 008 Komplek Perum Griya Indonusa Lestari.

KBO Sat Binmas, Iptu Fauzi beserta Iptu Roswandi dan Aiptu Sagala turun ke lokasi pos kamling dan melakukan penilaian sesuai ketentuan.

Selain itu juga dijelaskan mengenai tata cara memukul lonceng yang baik dan benar serta cara melakukan penangkapan terhadap orang dalam situasi mendesak.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi melalui Kasat Binmas AKP Tasriadi menyampaikan, bahwa perlombaan Siskamling Kapolres Cup 2019 dalam rangka HUT ke 73 Bhayangkara. Diselenggarakan kegiatan ini, memberikan semangat serta lebih menggiatkan keberadaan dan pelaksanaan serta tugas fungsi pos kamling.

“Pos Kamling memiliki banyak fungsi, tidak hanya sebagai pos pengamanan di suatu pemukiman namun juga sebagai tempat memberikan bantuan atau pertolongan pertama kepada warga,” katanya.

Lanjutnya, pos kamling juga sarana petunjuk bagi masyarakat atau tempat bertanya apabila ada warga yang tersesat atau mencari alamat.

“Pos kamling diibaratkan sebagai pos polisi kecil yang berada di suatu pemukiman atau RT,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here