HUT Ke-14, Lingga Dapat Kado Spesial

0
598
Memotivasi warga: Bupati Lingga H Alias Wello memotivasi masyarakat untuk mensyukuri penetapan SMRS menjadi Pahlawan Nasional. f-tengku/tanjungpinang pos

Kenang Kejayaan SMRS di PPTMA 2017

Bupati Lingga, H Alias Wello mengaku terharu dan bangga atas penetapan Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) sebagai Pahlawan Nasional. Gelar Pahlawan Nasional ini menjadi kado spesial untuk Kabupaten Lingga ke-14 yang jatuh pada tanggal 20 November 2017.

LINGGA – Penganugerahan gelar Pahlawan Nasional bagi Sultan Mahmud Riayat Syah menjadi kado istimewa terhadap Pemerintah Kabupaten Lingga dan seluruh masyarakat Kepri, khususnya Lingga.

”Kami akan perkenalkan kepada masyarakat bahwa Sultan Mahmud Riayat Syah bukan hanya milik Kabupaten Lingga atau Provinsi Kepri, akan tetapi milik bangsa,” kata Alias Wello, Selasa (7/11).

Baca Juga :  Diduga Kencing BBM, KM Alexander Ditarik dari OPL

Dikatakannya, Sultan Mahmud Riayat Syah merupakan sosok pewaris tahta kerajaan Melayu Lingga, Riau, Johor, dan Pahang pada ratusan tahun lalu. Kala itu, Sultan Mahmud Riayat Syah kemudian menjadikan perekonomian kerajaan Lingga menjadi semakin maju dan perkembangan yang semakin pesat terutama wilayah Pulau Lingga Singkep dan sekitarnya yang termasuk wilayah taklukannya.

”Kepahlawanan Sultan Mahmud Riayat Syah tidak bisa dilepaskan dari kebesaran kerajaan Riau-Lingga-Johor-Pahang. Perjuangan Sultan disebut visioner karena meletakkan dasar-dasar sejarah melebihi pemikiran pada masanya. Meliputi perjuangan melawan penjajah Belanda dan peletak dasar Tamadun Melayu,” kata Alias.

Proses pengajuan SMRS menjadi Pahlawan Nasional dilakukan melalui proses dan perjalanan yang panjang sejak tahun 2013 lalu dan cukup berliku-liku, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Baca Juga :  Jadi Catatan Sejarah Kesusastraan Indonesia

Salah satu penyebabnya adalah dokumen sang Sultan tidak berada di satu tempat di Kabupaten Lingga atau di daerah lain di Kepri. Akan tetapi ada di daerah lain dan luar negeri. ”Kita juga apresiasi kinerja tim yang selama ini telah bersusah payah mengumpulkan dan hingga ke Belanda serta negara lainnya,” ujarnya.

Ia berharap, dengan diakuinya SMRS sebagai Pahlawan Nasional, menjadi motivasi bagi jajaran pemerintah daerah dan masyarakat Lingga untuk berperan secara nyata demi kemajuan Kabupaten Lingga.

Baca Juga :  Investasi di Kepri Kurang Nendang

”Gelar Pahlawanan Nasional yang diberikan kepada Sultan Mahmud Riayat Syah harus menjadi motivasi bagi seluruh elemen masyarakat untuk berbuat bagi kemajuan daerah,” imbuhnya.

Kejayaan SMS akan dikenang dalam berbagai kegiatan di Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) yang akan digelar pada, 17-26 November mendatang di beberapa tempat di Lingga. Sehingga, masyarakat makin mengenal sosok SMRS yang pemberani dan arif dan memimpin.(TENGKU-MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here