HUT Pramuka, Berkemah di Sekolah

0
262
KEPALA SMPN 1 Pulau Posek foto bersama siswa siswinya di lingkungan sekolah saat melaksanakan camping dan bakti sosial. f-istimewa
Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Pramuka dan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, siswa SMPN 1 Kepulauan Posek Kabupaten Lingga menggelar Kemah (camping) dan bakti sosial (Baksos).

LINGGA – Tahun 2019 ini adalah tahun kedua mengadakan kegiatan camping yang dilaksanakan di depan gedung SMP Negeri 1 Kepulauan Posek yang berlokasi di Pulau Panjang, Desa Busung Panjang, Kecamatan Kepulauan Posek Kabupaten Lingga.

Camping ini adalah suatu kegiatan rutin yang dilakukan oleh sekolah ini setiap tahunnya untuk memperingati HUT ke-58 Pramuka dan HUT RI. Kegiatan itu dilaksanakan mulai Sabtu (17/8), hingga Minggu (18/8).

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kepulauan Posek Jamalis, S.Pd mengatakan, kegiatan tahun ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumya.

Pada tahun 2018 lalu acara camping diadakan di tempat yang sama. Akan tetapi momennya setelah HUT RI. Sedangkan tahun ini camping diadakan pas sewaktu ulang tahun Pramuka dan menyongsong HUT RI.

”Di samping itu juga kegiatan Pramuka dan camping tahun ini diikuti oleh siswa-siswi SMP Negeri 1 Kepulauan Posek ini. Dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 yang bejumlah lebih kurang 20 orang siswa,” ujarnya, kemarin.

Kegiatan Pramuka dan camping ini selalu diikuti dengan antusis oleh siswa dan siswi yang mengikuti pendidikan di sekolah ini dan juga selalu mendapatkan dukungan dari orangtua wali siswa.

Selain kegiatan camping yang dilakukan di sekolah ini, siswa juga mengadakan bakti sosial terhadap masyarakat dan lingkungan.

”Adapun bentuk bakti sosial yang kami lakukan adalah, melakukan pembersihan lingkungan terutama di lingkungan Masjid AT Taqwa di Pulau Panjang. Siswa dan siswi kami melakukan kegiatan dengan membersihkan perkarangan masjid luar dan dalam. Sehingga mendapat perhatian khusus, dan apresiasi dari pengurus masjid dan juga masyarakat setempat,” jelasnya.

”Karena selama ini masyarakat berpikir, bahwa Pramuka ini adalah kegiatannya hanya berbentuk seremonial dan hiburan saja,” tambahnya.

Akan tetapi tidak, masih banyak lagi kegiatan dan pembentukan karakter siswa yang kita bina. Kegiatan yang dibuat yang bernilai positif untuk siswa.

”Sehingga ke depanya siswa ini mempunyai nilai kepribadian, kepedulian, kerja sama, gotong-royong dan bertanggung jawab yang sesuai dengan Dasa Darma Pramuka,” beber Jamalis.

Siswa-siswi SMP Negeri 1 Kepulauan Posek merasa bangga dan senang dengan diadakan banyak kegiatan terutama kegiatan Pramuka.

Karena selama ini anak-anak pulau, jarang dan malah tidak pernah mengikuti kegiatan atau acara camping seperti ini, yang mana selama ini yang mengadakan Pramuka dan camping hanya orang-orang kota.

”Sehingga siswa di pulau hanya melihat di TV, mendengar di radio dan membaca di koran dan media massa dan terbantah sudah. Bahwa kegiatan Pramuka tidak saja, untuk orang yang di kota yang mempunyai peralatan dan pakaian serba lengkap. Akan tetapi di pulau pun kita bisa mendapatkan ilmu Pramuka dan mempraktikkannya dalam bentuk berkemah dan camping di alam terbuka walaupun disana sini kita masih punya kekurangan. Baik itu dari segi pakaian dan peralatan lainnya,” sebutnya.

Namun, dengan segala kekurangan itu tidak membuat semangat siswa surut semangatnya. Dalam melaksanakan dan mengikuti kegiatan ini, sudah menjadi wajib untuk dipelajari dan dikenal lebih dalam.

Sehingga kelak siswa akan menjadi menjadi siswa yang mempunyai pribadi yang tangguh, dan yang punya tanggung jawab dalam melaksanakan Dasa Darma Pramuka.

Banyak hal baru dan hal positif yang mereka dapatkan di dalam mengikuti Pramuka ini. Karena dengan kegiatan ini dapat membuat siswa lebih dekat dan akrab saling bantu selama ini mereka jarang dan malah kurang berinteraksi satu dengan yang lain begitu dekat.

Maka dengan kesenangan dan kebahagianya yang mereka rasakan, kegiatan Pramuka ini menjadi kegiatan tahunan bagi sekolah ini. ”Mudah-mudahan ke depan nya seluruh siswa bisa mengikuti kegiatan ini,” tutup Jamalis.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here